Tower 5 Wisma Atlet Baru Sepekan Dibuka, Tapi Tempat Tidur Tersisa Kurang dari 600
Tower 5 Gedung Wisma Atlet (Foto: Dok BNPN)

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah tempat tidur di di Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran semakin berkurang seiring banyaknya orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 melakukan isolasi mandiri. Dari total 1.570 tempat tidur yang tersedia, saat ini yang sudah terisi sebanyak 1.002 tempat tidur.

Dengan demikian, saat ini hanya tersisa 568 kamar yang bisa ditempati pasien COVID-19 tak bergejala yang tinggal di DKI Jakarta untuk melakukan isolasi mandiri.

"(Hal ini) sebagaimana menurut data sejak sepekan lalu dan diperbarui hingga Jumat, 18 September," demikian keterangan resmi gugus tugas dikutip Jumat, 18 September.

Penggunaan Tower 5 sebagai Flat Isolasi Mandiri tersebut seusai dengan arahan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo demi mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sementara untuk Tower 4 Wisma Atlet Kemayoran, saat ini tengah dipersiapkan untuk menampung pasien tanpa gejala sama seperti di Tower 5. Masih ada sejumlah perbaikan yang dilakukan sebelum tower ini dapat menampung pasien. Salah satunya adalah perbaikan jaringan listrik yang ditargetkan rampung pada Senin, 21 September mendatang.

Sedangkan untuk Tower 6 dan Tower 7 RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran saat ini telah menangani pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang. Per Jumat, 18 September pukul 06.00 WIB masih terdapat 685 tempat tidur bagi masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan.

Selanjutnya, Satgas Penanganan COVID-19 juga memaparkan saat ini Tower 8 dan Tower 9 Wisma Atlet Pademangan yang digunakan sebagai Flat Isolasi Mandiri para Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah menampung sebanyak 2.068 pasien dengan total kapasitas 4.167. Sehingga, saat ini jumlah tempat tidur yang tersedia 2.099.

Terakhir, satgas ini juga melaporkan data perkembangan Rumah Sakit (RS) Lapangan Indrapura Surabaya. Per hari ini, hingga sudah ada 173 pasien yang mengisi 238 tempat tidur. Sehingga yang tersisa adalah 65 tempat tidur. 

Mereka juga melaporkan, saat ini Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) COVID-19 Pulau Galang telah diisi 276 pasien dari kapasitas 360 dan masih tersedia 84 tempat tidur.