Viral Video Petugas Kesulitan Vaksinasi Anak-anak Suku Baduy, Ini Konfirmasi Dinkes Banten
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Foto: Pexels/Gustavo Fring)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar video seorang anak sekolah dasar yang tak bisa disuntik saat hendak divaksin COVID-19. Video ini kemudian viral di media sosial.

Video ini turut disebarkan akun Twitter grup musik asal Jatinangor, The Panturas. Mereka menuliskan kata "Busoshoku Haki" disertai dengan emoticon jempol.

Video viral itu awalnya diunggah akun @alfajri221810, Sabtu, 5 Maret. Dalam postingannya, nampak seorang siswa SD yang tak bisa disuntik saat melakukan vaksinasi COVID-19.

Narasi dalam unggahan tersebut menyampaikan, penerima vaksin adalah anak suku Baduy Luar. Mereka tak bisa disuntik karena dibekali ilmu kebal oleh kedua orang tuanya.

"Dinas kesehatan provinsi Banten kesulitan saat suntik vaksin pada anak-anak Suku Baduy Luar karena banyak anak-anak yang dibekali ilmu kebal oleh kedua orang tuanya," tulis akun tersebut.

Banyak warganet yang merespons video ini. Mereka seakan takjub dengan peristiwa yang terjadi dalam video tersebut.

"Udah kayak Superman aja disuntuk malah bengkok," tulis akun @Akhlis_M.

"Cikal bakal tentara hebat nih," kata akun @gorengankruncy.

Namun, ada pengguna Twitter yang meragukan anak tersebut berasal dari Suku Baduy. Menurutnya, anak Suku Baduy, baik luar maupun dalam, tak diperbolehkan sekolah.

"Beneran itu suku baduy??" kicau akun @IbnuSholh.

"Setau saya suku baduy luar ataupun dalam, mereka ga boleh sekolah, tapi kok ini pake seragam. Aduh Twitter oh Twitter," kicau @Hensshin.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten membantah vaksinasi tersebut dilakukan di wilayah mereka. Saat ini, Dinkes Banten belum turun membantu vaksinasi anak usia 6-12 tahun.

"Yang pasti ini tidak dilakukan oleh tim Dinkes Provinsi Banten, karena kami belum turun membantu kabupaten/kota vaksinasi kepada anak-anak usia 6-12 tahun," ujar Kepala Dinkes Banten, Ati Pramuji, kepada VOI, Minggu, 6 Maret.

Dia juga mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kadinkes Lebak terkait vaksinasi anak sekolah yang diklaim warga Baduy, Kabupaten Lebak. Diketahui, tak ada kegiatan vaksinasi yang dilakukan Dinkes Lebak ataupun puskesmas di Baduy.

"Kita masih menelusuri puskesmas di sekitar Baduy," ujarnya.