Ketua Medis Puskesmas Cisimeut Sebut Ratusan Warga Baduy Divaksin COVID-19: Semua Aman-aman Saja
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Pexels/Cottonbro)

Bagikan:

LEBAK - Ketua Medis Puskesmas Cisimeut, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Iton Rustandi mengatakan, ada ratusan warga Baduy, termasuk orang dalam, disuntik vaksin COVID-19 sejak Januari 2022. Namun, tidak ada satu pun keanehan selama penyuntikan tersebut.

“Kita sudah ratusan sejak Januari (2022) kita vaksin orang Baduy. Semuanya aman-aman aja. Justru yang Baduy dalam pun, kita vaksin juga enggak ada yang kebal,” kata Iton saat dihubungi Voi.id, Minggu, 6 Maret.

Iton menilai video yang diduga orang Baduy itu merupakan hoax. Hal ini didasari dengan kebisaan warga daerah tersebut yang memiliki aturan yang melarang anak mereka untuk tidak bersekolah.

“Hoax, maksudnya video itu ada. tapi bukan orang Baduy. Kan kalau (orang) Baduy enggak ada yang boleh sekolah,” tuturnya.

Selain itu menurut ilmu medis pun, Iton memastikan tidak ada penjelasan yang mengatakan orang bisa kebal terhadap jarum suntik, apalagi anak kecil.

“Engga ada, apalagi itu jarum sangat tajam kecil logikanya seperti itu. Makanya kami diskusikan dengan tim vaksin, tidak adak anak-anak sekolah yang kebal,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video memperlihatkan seorang siswa SD yang terlihat tidak bisa disuntik saat hendak divaksin COVID-19 bikin heboh. Video ini pun menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun Twitter @Alfajri221819, terlihat bocah yang mengenakan pakaian SD itu terdiam saat akan dilakukan penyuntikan vaksin.

Petugas yang mencoba melakukan penyuntikan justru tidak berhasil memasukan jarum itu ke lengan bocah tersebut. Bahkan percobaan itu dilakukan berulang kali.

Dalam unggahan itu menyebut, Dinas Kesehatan Provinsi Banten kesulitan saat melakukan penyuntikan kepada anak-anak Suku Baduy Luar. Hal ini dikarenakan anak-anak itu dibekali ilmu kebal oleh orang tuanya.

“Dinas kesehatan provinsi Banten kesulitan saat suntik vaksin pada anak-anak Suku Baduy Luar karena banyak anak-anak yang dibekali ilmu kebal oleh kedua orangtuanya," tulis akun tersebut.