IHSG Dibuka Menguat ke Level 5.176,76, Simak Saham Gudang Garam dan Sampoerna
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Selasa 15 September. IHSG dibuka menguat 0,29 persen atau 14,94 poin ke level 5.176,76.

Membuka perdagangan, 115 saham menguat, 19 saham melemah, dan 101 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 119,93 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp82,15 miliar.

Pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini berpeluang untuk melanjutkan tren kenaikan, setelah kemarin kembali bertahan di zona hijau dan berakhir menguat 2,89 persen ke level 5.161.

Menurut analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, secara teknikal mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju level resistance terdekat.

"IHSG memiliki level support pertama dan kedua di posisi 5.097 dan 4.975, sedangkan target resistance pertama di level 5.233 dan resistance kedua di 5.293," ujar Nafan dalam risetnya.

Nah, di tengah potensi penguatan lanjutan pada laju IHSG hari ini, Nafan menyodorkan sejumlah saham yang bisa dicermati pelaku pasar, yakni PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON).

Perkiraan senada disampaikan analis PT Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi. Ia mengatakan pergerakan IHSG akan melanjutkan proses penguatan menuju target resistance di level 5.290.

Secara teknikal, menurut Lanjar, pergerakan IHSG berpotensi untuk menguat, dengan support-resistance di level 5.145-5.240," kata Lanjar.

Dengan demikian, jelas Lanjar, pergerakan IHSG hari ini yang akan bertahan di teritori positif bisa dimanfaatkan investor dengan mengoleksi saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Astra International Tbk (ASII), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS).