IHSG Masih Kokoh di Level 6.000, Simak Menu Saham Pilihan Analis
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan dibuka menguat pada perdagangan Selasa 15 Desember. IHSG dibuka di zona hijau alias merangkak naik tipis 0,06 persen atau 3,75 poin ke level 6.016,26.

Membuka perdagangan, 87 saham menguat, 42 saham melemah, dan 98 saham stagnan. Volume perdagangan saat pembukaan tercatat 250,87 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp246,48 miliar.

Pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan melanjutkan tren penguatan lanjutan, setelah kemarin bergerak optimistis di zona hijau dan berakhir menguat 1,25 persen ke level 6.012.

Menurut analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, secara teknikal mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju level resistance terdekat.

Dia menyebutkan, adanya potensi penguatan lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengoleksi saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bumi Serpng Damai Tbk (BSDE), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Wijaya Karya Gedung Tbk (WEGE).

Sementara itu, menurut analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, pergerakan IHSG akan menguji level support 6.000. Secara teknikal, IHSG mengalami break level psikologis di level 6.000.

"Pergerakan IHSG selanjutnya akan menguji support 6.000, dengan potensi penguatan terbatas pada rentang 5.945-6.050," ucap Lanjar.

Dengan demikian, jelas Lanjar, pada hari ini Reliance Sekuritas merekomendasikan agar investor menpertimbangkan untuk mengakumulasi pembelian saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT PP (Persero) Tbk (PTPP), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).