Tindaklanjuti KNKT soal Marak Kecelakaan, TransJakarta Sediakan Fasilitas Istirahat Pramudi di Halte Ragunan
Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya dalam acara peresmian fasilitas istirahat pramudi di Halte Ragunan, Jakarta, Kamis (24/2/2022).ANTARA/Yogi Rachman

Bagikan:

JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), menyediakan fasilitas istirahat bagi pramudi di Halte Ragunan, Jakarta Selatan.

Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan kehadiran fasilitas istirahat tersebut merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait evaluasi keselamatan.

"Pembangunan fasilitas rehat pramudi yang diluncurkan ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kualitas guna meningkatkan standar operasional kami. Sekaligus menindaklanjuti apa yang disampaikan KNKT," kata Yana dikutip Antara, Kamis, 24 Februari.

Yana mengatakan tempat istirahat bagi pramudi itu memiliki sejumlah fasilitas seperti ruang santai yang dilengkapi pendingin ruangan, loker, hingga dapur mini.

Yana berharap kehadiran fasilitas istirahat tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi pramudi sehingga dapat maksimal saat menjalani tugas.

"Kapasitas kurang lebih sekitar tujuh sampai 10 pramudi. Diharapkan fasilitas tersebut benar-benar digunakan untuk rileks dan melepas lelah," ujar Yana tanpa merinci berapa anggaran yang disiapkan untuk tempat istirahat pramudi itu.

Sementara itu, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menyambut baik kehadiran fasilitas istirahat pramudi tersebut dan berharap hal tersebut menjadi awal yang baik bagi perbaikan TransJakarta.

"Kami senang salah satu solusi bagaimana kita mencegah kelelahan karena sebagian besar kecelakaan disebabkan 'human factor'. Perbaikan yang dilaksanakan di TransJakarta perlu waktu, tidak bisa main sulap," ujar Soerjanto.