Fadli Zon Sindir Gus Miftah yang Mainkan Wayang Mirip Ustaz Khalid Basalamah
Tangkapan layar

Bagikan:

JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon, turut merespons hujatan warganet terhadap pendakwah Miftah Maulana atau yang dikenal Gus Miftah usai menggelar wayang kulit di Pondok Pesantren asuhannya, Ora Aji, Seleman, Yogyakarta pada Jumat, 18 Februari, lalu.

Di mana, Ustaz Khalid Basalamah dijadikan karakter dalam sebuah pagelaran wayang kulit di Ponpes milik Gus Miftah sebagai buntut dari pernyataannya terkait wayang. Sebelumnya, Khalid menyebut wayang dilarang dalam Islam dan harus dimusnahkan.

Menurut Fadli Zon, cara Gus Miftah keliru dalam merespons pernyataan Ustaz Khalid Basalamah terkait wayang ini.

"Apa kita harus tertawa puas melihat adegan ini? Harusnya tunjukkan bahwa budaya itu merangkul, menyatukan, menyelaraskan bukan memupuk dendam dan memecah belah," tulis Fadli Zon di akun Twitternya, @fadlizon, Senin, 21 Februari.

Sebelumnya, pendakwah Miftah Maulana atau yang dikenal Gus Miftah menjadi sorotan usai menggelar wayang kulit di Pondok Pesantren asuhannya, Ora Aji, Seleman, Yogyakarta pada Jumat, 18 Februari, lalu.

Pasalnya, pertunjukkan wayang kulit tersebut diduga menyindir penceramah Khalid Basalamah, yang disebut sempat menyatakan wayang lebih baik dimusnahkan atau dihilangkan.

Pagelaran wayang berjudul ‘Wayang Haram Dalang Ngamuk Wayang Basalamah Dikepruki Dalang’ itu disiarkan di Youtube Adara NH pada Minggu, 20 Februari 2022.

Dalam pagelaran itu, dalang memainkan wayang mirip Ustaz Khalid Basalamah.

"Sigri milir....sang gethek si nogo bajul. Wah, begitu pandai iblis itu menyematkan imamah dan jubah. Dengan warna putih, seakan begitu suci tanpa noda, dengan menghitamkan yang lainnya," kata Gus Miftah menyindir Khalid Basalamah ketika memberikan sambutan saat pagelaran wayang itu.

"Kamu siapa? Aku tahu jenggotmu panjang tapi belum tua. Wajar tak tahu budaya dan tatakrama," kata dia melanjutkan sindirannya.

Akibat pertunjukkan wayang itu, Gus Miftah menuai hujatan warganet. Tindakan Miftah dinilai sangat tidak pantas dan kekanak-kanakan. Nama Miftah masuk jajaran trending topic di Twitter hari ini. Hampir semua netizen melontarkan hujatan kepada Gus Miftah.

Salah satu pengguna Twitter dengan akun @UmarHasibuan777 melontarkan kritiknya.

“Apa yg dilakukan Miftah ini norak. Mustinya klu berilmu ajaklah ustad Khalid berdebat. Bukan begini caranya. Miftah cari sensasi aja,” tulis cuitannya, dikutip Senin, 21 Februari.

“Miftah of Miftah norak banget kau sampai wayang dgn wajah ustad Khalid kau bikin pagelaran. Buat teman2 kelakuan si Miftah ini tak mewakili saya sebagai NU,” lanjutnya @UmarHasibuan777.

“Terlalu kekanak-kanakan cara Gus Miftah menyikapi hal ini. Sangat disayangkan,” tulis cuitan @WidasSatyo.