Presiden Putin Luncurkan Latihan Nuklir Strategis Bersama Presiden Belarusia, Menhan AS: Buat Segalanya Jadi Rumit
Presiden Putin bersama Presiden Lukashenko mengamati peluncuran latihan rudal strategis Rusia. (Sumber: Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan latihan oleh pasukan rudal nuklir strategis pada Hari Sabtu, sementara Washington mengatakan pasukan Rusia yang berkumpul di dekat perbatasan Ukraina "siap untuk menyerang".

Kremlin mengatakan Rusia telah berhasil meluncurkan uji coba rudal hipersonik dan jelajah dengan target di laut dan darat selama latihan oleh pasukan nuklir Rusia.

Presiden Putin duduk mengamati latihan di layar bersama dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, dari apa yang digambarkan Kremlin sebagai 'pusat kendali situasi'.

Latihan tersebut mengikuti serangkaian besar manuver oleh angkatan bersenjata Rusia dalam empat bulan terakhir yang mencakup peningkatan pasukan, diperkirakan oleh Barat berjumlah 150.000 atau lebih di utara, timur dan selatan Ukraina.

Langkah Rusia ini menuai keprihatinan dari Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin. Dikatakannya, latihan nuklir itu memicu kekhawatiran di antara para pemimpin pertahanan di seluruh dunia, mengingat militer Rusia fokus pada peningkatan kekuatan besar-besaran di sekitar Ukraina.

"Ketika Anda menambahkan latihan yang sangat canggih dengan kekuatan nuklir strategis, itu membuat segalanya menjadi rumit sampai-sampai Anda bisa mengalami kecelakaan atau kesalahan," ujarnya mengutip Reuters 19 Februari.

Selain itu, Menteri Austin mengatakan pasukan Rusia mulai "melepas dan bergerak lebih dekat" ke perbatasan dengan bekas tetangga Sovietnya, sementara yang diharapkan sebaliknya.

"Kami berharap dia mundur dari ambang konflik," ujarnya di sela-sela kunjungan ke Lithuania.

latihan nuklir rusia
Latihan peluncuran rudal strategis militer Rusia. (Sumber: Kremlin.ru)

Mobilisasi separatis dan pengungsi

Para pemimpin separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur sebelumnya mengumumkan mobilisasi militer penuh, sehari setelah memerintahkan perempuan dan anak-anak untuk mengungsi ke Rusia, dengan alasan ancaman serangan segera oleh pasukan Ukraina.

"Benar-benar menakutkan. Saya sudah membawa semua yang bisa saya bawa," kata Tatyana, 30, yang naik bus bersama putrinya yang berusia 4 tahun.

Di satu wilayah yang memisahkan diri, Denis Pushilin, kepala Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri, mengatakan dia telah menandatangani dekrit tentang mobilisasi. Meminta orang-orang yang "mampu memegang senjata di tangan mereka" untuk datang ke komisariat militer. Republik Rakyat Luhansk mengeluarkan dekrit serupa.

Sementara itu, kantor berita Rusia mengatakan pada Hari Sabtu 10.000 pengungsi telah tiba sejauh ini di Rusia. Pihak berwenang separatis mengatakan mereka bertujuan untuk mengevakuasi 700.000 orang.

Di sebuah pasar di Donetsk, Oksana Feoktisova, 38 tahun, naik bus evakuasi bersama putranya yang berusia 9 tahun dan ibunya. Mereka ditemani oleh saudara Feoktisova, Yuri, yang tinggal di Donetsk.

"Mereka tidak membiarkan laki-laki, dan aku tidak akan terus terang. Bagaimanapun, saya adalah seorang tentara cadangan. Saya seorang pria artileri sejak lahir. Saya setia pada negara saya, kepada rakyat saya," tukas Yuri.