Dukung Jaksa Agung, Hakim Perintahkan Donald Trump, Trump Jr dan Ivanka Trump Beri Kesaksian
Donald Trump. (Wikimedia Commons/The White House)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang hakim New York memutuskan pada mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan dua anak dewasanya, harus menjawab pertanyaan di bawah sumpah dalam penyelidikan perdata jaksa agung negara bagian dalam bisnis perusahaan keluarga mereka.

Hakim Arthur Engoron dari Pengadilan Negara Bagian New York di Manhattan memutuskan mendukung Jaksa Agung Letitia James, yang berusaha untuk menegakkan panggilan pengadilan untuk memaksa kesaksian oleh Trump, putranya Donald Trump Jr dan putrinya Ivanka Trump, seperti dikutip dari Reuters 18 Februari.

Engoron mengatakan, James memiliki 'hak yang jelas' untuk mempertanyakan Trump setelah menemukan "banyak bukti kemungkinan penipuan keuangan." Engoron mengarahkan Trump untuk mengajukan pertanyaan dalam waktu 21 hari.

Sementara itu, , Alan Futerfas, seorang pengacara untuk anak Trump, menolak berkomentar. Ada punPengacara Donald Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Keputusan itu menyusul sidang dua jam, di mana pengacara Trump menuduh James melakukan pengakhiran hak konstitusional klien mereka, dengan mencari kesaksian yang bisa mereka gunakan untuk melawan mereka dalam penyelidikan kriminal paralel.

Pengacara Donald Trump, Alina Habba, menuduh James melakukan "penuntutan selektif dan kesalahan penuntutan yang belum pernah dilihat negara ini," mengutip pernyataan yang mencerminkan 'penghinaan keji' jaksa agung terhadap Trump.

"Jika dia bukan dia, dia tidak akan melakukan ini. Pengadilan ini dapat membantu menghentikan sirkus ini," kata Habba

Sementara itu, Kevin Wallace, seorang pengacara dari kantor James, menolak karakterisasi itu.

"Mereka belum menunjukkan apa pun di sini yang mengatakan itu tidak adil," ujar Wallace.

Bulan lalu, James mengatakan penyelidikannya selama hampir tiga tahun terhadap Trump Organization, telah menemukan bukti signifikan tentang kemungkinan penipuan.

Dia menggambarkan apa yang dia sebut pernyataan menyesatkan tentang nilai-nilai 'Merek Trump' dan enam properti Trump, dengan mengatakan perusahaan mungkin telah menaikkan nilai real estat untuk mendapatkan pinjaman bank, menguranginya untuk menurunkan tagihan pajak.

Penyelidikan sebagian tumpang tindih dengan penyelidikan kriminal yang sekarang dipimpin oleh Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg, di mana Trump Organization dan kepala keuangannya yang lama mengaku tidak bersalah Juli lalu atas tuduhan penipuan pajak. Adapun James bergabung dengan penyelidikan itu Mei lalu.

Trump, yang belum mengumumkan apakah dia akan mencalonkan diri lagi sebagai presiden pada 2024, menyebut penyelidikan James sebagai 'perburuan penyihir' politik dan menuntut untuk mencoba menghentikannya.

Sidang tersebut mengikuti keputusan minggu lalu oleh firma akuntansi lama Trump, Mazars USA, untuk memutuskan hubungan dengan dia dan Trump Organization, dengan mengatakan pihaknya tidak dapat lagi berdiri di belakang satu dekade laporan keuangan.

Terpisah, pengacara Donald Trump mengatakan dia tidak cukup tahu untuk menanggapi tuduhan penilaian yang tidak akurat, meskipun Trump merinci beberapa kemungkinan perbedaan dalam pernyataan lima halaman pada hari Selasa.

Untuk diketahui, keluarga Donald Trump tidak dituduh melakukan kesalahan kriminal.

Adapun Jaksa Agung Washington D.C. secara terpisah menggugat Trump Organization dan komite pelantikan Trump atas dugaan penyalahgunaan 1,1 juta dolar AS dana amal. Tanggal persidangan 26 September ditetapkan pada Hari Kamis.