Jaksa Georgia Meminta Dewan Juri Khusus Dalam Penyelidikan Dugaan Upaya Mempengaruhi Pemilu oleh Donald Trump
Donald Trump. (Wikimedia Commons/Gage Skidmore)

Bagikan:

JAKARTA - Jaksa Georgia pada Hari Kamis meminta dewan juri khusus dengan kekuatan panggilan pengadilan, untuk membantu penyelidikannya terhadap dugaan upaya Presiden Donald Trump mempengaruhi hasil pemilihan negara bagian tersebut di tahun 2020.

Dalam sebuah surat kepada hakim ketua Fulton County, yang pertama kali dilaporkan oleh Atlanta Journal-Constitution, Jaksa Distrik Fani Willis menulis banyak saksi yang sedang diperiksa menolak untuk bekerja sama, tanpa adanya panggilan pengadilan yang membutuhkan kesaksian mereka.

"Oleh karena itu, saya dengan ini meminta agar dewan juri tujuan khusus dipanel untuk tujuan menyelidiki fakta dan keadaan yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung, dengan kemungkinan upaya untuk mengganggu administrasi sah pemilihan umum 2020 di Negara Bagian Georgia," tulis Willis, mengutip Reuters 21 Januari.

Penyelidikan oleh Willis, seorang Demokrat, adalah penyelidikan paling serius yang dihadapi Donald Trump di Georgia setelah dia terekam dalam panggilan telepon yang menekan Menteri Luar Negeri Georgia Brad Raffensperger, untuk membatalkan hasil pemilihan negara bagian itu berdasarkan klaim penipuan pemilih yang tidak berdasar.

Dalam suratnya, Willis mengatakan dewan juri khusus, yang dapat memanggil saksi, diperlukan karena juri dapat dipanel untuk waktu yang lebih lama dan fokus secara eksklusif pada satu penyelidikan.

Seorang juru bicara pengadilan tinggi di Fulton County, yang meliputi sebagian besar ibu kota negara bagian Atlanta, mengatakan tidak ada batas waktu segera untuk menanggapi permintaan Willis.

Willis secara khusus menyebutkan, Raffensperger, yang dia gambarkan sebagai 'saksi penting', telah mengindikasikan dia hanya akan mengambil bagian dalam wawancara setelah diberikan panggilan pengadilan.

donald trump
Donald Trump saat melakukan kampanye (Wikimedia Commons/Gage Skidmore)

Diketahui, selama panggilan telepon 2 Januari 2021, Trump mendesak Raffensperger, sesama politisi Partai Republik, untuk 'menemukan' suara yang cukup untuk membatalkan kekalahannya di Georgia dari Demokrat Joe Biden.

Transkrip tersebut mengutip Trump yang memberi tahu Raffensperger: "Saya hanya ingin mendapatkan 11.780 suara," yang merupakan jumlah yang dibutuhkan Trump untuk memenangkan Georgia.

Pakar hukum mengatakan panggilan telepon Trump mungkin telah melanggar setidaknya tiga undang-undang pemilu negara bagian, yakni: konspirasi untuk melakukan kecurangan pemilu, ajakan kriminal untuk melakukan kecurangan pemilu, dan campur tangan yang disengaja dengan kinerja tugas pemilu. Kemungkinan kejahatan dan pelanggaran ringan dapat dihukum dengan denda atau penjara.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan Donald Trump membela apa yang disebutnya panggilan telepon 'sempurna' dan mengulangi tuduhan palsu, tentang kecurangan pemilih dalam pemilihan 2020.

Terpisah, panel Dewan Perwakilan Rakyat AS yang menyelidiki serangan mematikan 6 Januari 2021 di Gedung Capitol, Washington D.C pada Hari Kamis, meminta wawancara dengan putri sekaligus mantan ajudan Gedung Putih Ivanka Trump.

Dan awal pekan ini, jaksa agung negara bagian New York menuduh bisnis keluarga Trump berulang kali salah mengartikan nilai asetnya untuk mendapatkan keuntungan finansial, mengutip apa yang dikatakannya sebagai bukti baru yang signifikan dari kemungkinan penipuan.

Kritikus Donad Trump berharap, masalah hukum yang menjerat pengusaha papan atas AS tersebut, pada akhirnya dapat menghalangi pencalonan presiden potensial pada 2024.

"Ini dimulai," Senator Demokrat Sheldon Whitehouse dari Rhode Island mentweet setelah berita tentang permintaan Georgia.

Terkait