Berada di Lokasi Strategis, Pemkab Aceh Timur Berencana Jadikan Pesisir Pantai Timur Pusat Wisata Kuliner
Ilustrasi- Bupati Aceh Timur Hasballah bersama pejabat terkait meninjau Kuala Parek yang akan dijadikan destinasi wisata kulinerĀ (ANTARA)

Bagikan:

ACEH TIMUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur berencana menjadikan kawasan pesisir pantai timur sebagai pusat wisata kuliner. Hadirnya pusat wisata ini diharapkan menggerakan ekonomi masyarakat.

Bupati Aceh Timur Hasballah mengatakan, wisata kuliner yang akan dibangun akan dipusatkan di Gampong Kuala Parek Kecamatan Sungai Raya.

"Di gampong ini banyak potensi wisata kuliner, seperti perikanan dan peternakan, sehingga cocok dijadikan pusat wisata kuliner di Kabupaten Aceh Timur,” kata Hasballah di Aceh Timur, Antara, Kamis, 17 Februari.

Menurut Hasballah, Pemkab Aceh Timur akan terus menggali potensi wisata kuliner di wilayah ini, mengingat di gampong atau desa tersebut berbatasan langsung dengan pantai Selat Malaka.

“Bahkan, desa tersebut juga dikelilingi sungai dan kawasan hutan pantai yang hamparannya dapat dijadikan budi daya ikan kerapu putih. Pengembangan wisata kuliner akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Namun, Bupati mengakui pengembangan wisata kuliner tersebut membutuhkan anggaran besar, terutama untuk membenahi infrastruktur jalan dan jembatan.

Oleh karena itu, kata Hasballah, Pemkab Aceh Timur akan mengupayakan anggaran pembangunan dan pengembangan wisata kuliner tersebut kepada pemerintah provinsi maupun pusat.

"Kami terus berupaya membangun sektor pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Timur. Selain memajukan perekonomian masyarakat, sektor pariwisata juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah," katanya.