Sandiaga Uno Ajak Erick Thohir Benahi Sirkuit Internasional Mandalika, Selesai Sebelum Puncak Balap MotoGP
Sirkuit Mandalika (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sirkuit Internasional Mandalika memasuki masa pembenahan setelah digunakan untuk tes pramusin MotoGP pada 10-13 Februari lalu. Salah satunya terkait pengerasan jalan (resurfacing).

Untuk itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan segera berkoordinasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Pembenahan ini disebut akan rampung sebelum puncak balapan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

“Kita akan koordinasi dengan Pak Menteri BUMN untuk memastikan PT PP (Persero) Tbk dan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) segera menyelesaikan pembenahan track (lintasan) sirkuit MotoGP, dan diharapkan resurfacing selesai sebelum 11 Maret 2022,” kata Sandiaga dikutip Antara, Selasa, 15 Februari.

Menurut dia, pembenahan yang dilakukan harus memperhatikan keselamatan para pembalap.

Tes Pramusim MotoGP 2022 yang berlangsung pada 11-13 Februari 2022 bukan hanya untuk ajang uji coba para pembalap, lanjutnya, tetapi juga guna evaluasi penyelenggara.

“Secara garis besar, pembalap menyatakan puas dengan kesiapan dan setting sirkuit baru Mandalika,” ungkap Menparekraf.

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengakui akan adanya resurfacing aspal di beberapa titik Sirkuit Mandalika.

Di hari pertama uji coba, ucap Hadi, ditemukan banyak debu yang dihasilkan dari deposit kotoran akibat sirkuit ini tidak digunakan beberapa bulan terakhir setelah World Superbike (WSBK) dan akibat aktivitas konstruksi, tetapi masih dalam kondisi wajar.

"Setelah pramusim telah dilakukan, pihak Dorna Sports menyampaikan hasil review dengan beberapa hal yang perlu disempurnakan sebelum ajang puncak MotoGP digelar, salah satunya kondisi aspal di tikungan-1 dan tikungan-17," ucapnya

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dikatakan telah bersepakat dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna antara lain terkait resurfacing aspal di beberapa spot oleh PT. PP yang diperkirakan selesai seminggu sebelum 18 Maret 2022.