7 Orang Terpilih, Anggota KPU Baru Diminta Kembalikan Citra Lembaga dari Catatan Hitam Periode Sebelumnya
Gedung KPU/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Alwan Ola Riantobi, menyoroti anggota KPU dan Bawaslu terpilih periode 2022-2027. Dia menilai, anggota KPU dan Bawaslu yang baru harus bisa mengembalikan citra lembaga dari catatan hitam periode sebelumnya.

Menurut Alwan, para anggota KPU dan Bawaslu terpilih memiliki kualitas yang baik karena telah berpengalaman dalam kepemiluan. Baik dari anggota KPU atau Bawaslu di tingkat provinsi, anggota Bawaslu yang pindah ke KPU, petahana, hingga unsur lembaga swadaya.

"Artinya secara pengetahuan mereka ini orang-orang yang berkualitas. Tinggal bagaimana kemudian membangun kesolidan dan ritme bersama membangun citra kelembagaan yang baik," ujar Alwan kepada wartawan, Kamis, 17 Februari.

Khusus calon anggota KPU, lanjutnya, harus bisa membangun citra KPU RI 2022-2027 menjadi lebih baik. Sebab menurutnya, KPU periode sekarang dinilai banyak catatan hitam.

Misalnya, kata Alwan, ada anggota KPU yang terjerat kasus suap. Bahkan beberapa anggota berulang kali dijatuhi pelanggaran etik oleh DKPP, hingga tingkat kepercayaan publik yang rendah.

"Pemilu itu menjadi hasil yang baik diterima semua pihak, kerjanya sesuai aturan harus dikembalikan citra-citra negatif yang selama ini dinobatkan ke penyelenggara terutama KPU itu kembali harus diperlihatkan," jelas Alwan.

Selain itu, tambahnya, anggota KPU dan Bawaslu harus membangun semangat kolektif kolegial. Secara informal, kata Alwan, anggota terpilih ini sudah bisa membuka komunikasi.

"Kalau kemudian semua mengedepankan ego masing-masing, bagaimana memunculkan wajah kelembagaan KPU yang solid, Bawaslu yang solid. Kalau di antara komisionernya belum menemukan kerja-kerja kolektif," kata Alwan.

Menurut Alwan, anggota KPU dan Bawaslu terpilih juga harus mempererat hubungan kedua lembaga penyelenggara pemilu dan keluar dari penilaian publik yang menganggap hubungan kedua lembaga penyelenggara pemilu ini seperti kucing dan tikus.

"Jadi menjadi suatu lembaga yang saling support itu yang paling penting," demikian Alwan.

Diketahui, Komisi II DPR RI telah menetapkan anggota KPU dan Bawaslu terpilih periode 2022-2027 pada Rabu, 16 Februari, malam.

Tujuh anggota KPU terpilih adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.