12 Nama Anggota KPU-Bawaslu Terpilih Bakal Diparipurnakan Besok Sebelum Dilantik Presiden
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komisi II DPR telah menetapkan anggota KPU dan Bawaslu terpilih periode 2022-2027.

Tujuh anggota KPU terpilih adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Sementara untuk lima anggota Bawaslu adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Selanjutnya, 12 nama tersebut akan di bawa ke Rapat Paripurna DPR pada Jumat, 19 Februari, besok dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik sebagai anggota KPU-Bawaslu RI periode 2022-2027.

"Nanti diparipurnakan besok, setelah itu dilantik Presiden," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa kepada wartawan, Kamis, 17 Februari.

Terkait masa jabatan KPU periode sebelumnya yang akan berakhir April, Legislator NasDem itu mengatakan, Komisi II DPR akan segera berkonsultasi dengan DKPP agar tidak bertentangan dengan Peraturan KPU (PKPU) dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu).

"Karena kita ingin PKPU maupun Perbawaslu itu cepat kita setujui, agar tahapan baik persiapan dan mulai tahapan itu bisa kita lakukan," katanya.

Baik PKPI dan Perbawaslu, kata dia, akan mensimulasikan apa yang diminta pemerintah dan DPR. 

"Mensimulasikan tahapan yang diminta untuk diefisiensi, lebih diefektifkan," kata Saan Mustopa.