Varian Omicron Masuk di 4 Kabupaten Provinsi Papua, Mulai dari Jayapura, Merauke, Jayawijaya dan Biak
Pemeriksaan di laboratorium Balitbangkes Papua di Jayapura. (ANTARA/HO)

Bagikan:

PAPUA - Varian Omicron COVID-19 dilaporkan ditemukan di empat daerah di Provinsi Papua, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Jayawijaya dan Kabupaten Biak.

Jubir Satgas COVID-19 Papua Dr. Silwanus Sumule mengakui, dari laporan yang diterima tercatat 76 kasus Omicron telah ditemukan di empat wilayah itu dan terbanyak terdapat di Kota Jayapura, yakni 69 kasus.

"Selain Omicron, Balitbangkes Papua juga melaporkan ditemukannya satu kasus varian Delta di Merauke," jelasnya di Jayapura, Antara, Rabu, 16 Februari.

Karena itulah, pihaknya berharap protokol kesehatan benar-benar diterapkan terutama saat beraktivitas diluar rumah.  Selain itu, bagi yang belum divaksin COVID-19 segera mendatangi gerai vaksinasi agar divaksin.

Kasus COVID-19 kembali meninggi sejak bulan Januari lalu. Kasus terdapt di-12 kabupaten, Papua. Hingga Minggu, 13 februari lalu tercatat 2.896 orang yang dirawat baik di rumah sakit, karantina terpusat maupun isolasi mandiri. 

Ditambahkan, 12 kabupaten dan kota yang warganya terpapar COVID-19 yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Merauke, Biak, Boven Digul, Mappi, Kepulauan Yapen, Asmat, Nabire, dan Kab. Paniai.

"Sedangkan kabupaten dan kota di Papua yang sudah menyiapkan karantina terpusat adalah Kota Jayapura yang berlokasi di LPMP Kotaraja dan Kabupaten Merauke di Hotel Akad," demikian Silwanus Sumule.