Propam Polri Diharapkan Ungkap Penembakan Demonstran di Parigi Moutong
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengharapkan Tim Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri segera mengungkap kasus penembakan demonstran antitambang emas di Desa Katulistiwa, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

"Kita harapkan hasil penyelidikan di lapangan akan didapatkan siapa pelaku penembakan yang menewaskan seorang demonstran," kata Edi dalam keterangan tertulis dikutip Antara, Selasa, 15 Februari.

Edi mengapresiasi langkah cepat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sudah menurunkan Propam Polri untuk mengusut penembakan tersebut.

"Tidak mudah untuk menentukan siapa yang menembak korban. Tapi, dengan bantuan uji balisktik yang dilakukan kepolisian dan memeriksa sejumlah senjata yang dicurigai, Insyaallah akan terungkap," kata mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.

Pengajar ilmu hukum di Universitas Bhayangkara Jakarta ini menegaskan komitmen Kapolri selama ini sudah sangat jelas dan tegas bahwa siapa saja yang melanggar prosedur akan diberikan tindakan tegas, apalagi ada tindakan sampai menghilangkan nyawa masyarakat.

Sebelumnya, Polri menurunkan tim dari Divisi Propam dan Divisi Humas untuk membantu Bidang Propam Polda Sulawesi Tengah mengungkap peristiwa itu agar lebih cepat tuntas.

“Komitmen pimpinan Polri sangat jelas, kami akan menindak secara tegas terhadap siapapun anggota yang terbukti bersalah dalam peristiwa yang terjadi di Parigi Moutong tersebut,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Dedi mengatakan dalam pembuktian tersebut, Polri akan bekerja transparan, sesuai fakta, dan menyampaikan hasil pembuktian secara ilmiah kepada masyarakat.

Dalam pengamanan unjuk rasa, kata Dedi, anggota Polri tidak boleh membawa senjata api berpeluru tajam.

Polisi membubarkan massa pada Sabtu, 12 Februari tengah malam karena telah memblokade ruas jalan Trans Sulawesi di Desa Katulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong dari siang hari.

Massa menuntut Pemerintah Sulteng menutup tambang emas milik perusahaan swasta yang memiliki lahan konsesi di Kecamatan Kasimbar, Toribulu, dan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam upaya membubarkan massa itu, seorang warga tewas tertembak. Sebanyak 59 warga yang sempat ditangkap polisi telah dipulangkan.