Brasil Janjikan Distribusi Vaksin untuk Seluruh Warganya pada 2021
Aktivitas di pusat riset AstraZeneca (Sumber: Astrazeneca.com)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat Kementerian Kesehatan Brasil, Eduardo Pazuello mengungkap vaksin COVID-19 akan tersedia untuk semua rakyat Brasil pada Januari 2021. Hal itu diumumkan seiring kerja sama yang telah dilakukan pemerintah dengan beberapa perusahaan penghasil vaksin di dunia.

"Kami telah melakukan kontrak kerja sama dengan produsen vaksin dan perkiraannya, vaksin akan tiba untuk kami mulai Januari tahun depan. Oleh sebab itu, kami akan mulai memvaksinasi semua orang," kata Eduardo Pazuello dikutip Reuters, Rabu, 9 September.

Meski begitu, tak disebutkan rincian vaksin mana yang akan dibagikan kepada rakyat Brasil. Saat ini, Brasil hanya diketahui telah menjadi ladang uang bagi para pembuat vaksin seiring dengan predikat sebagai salah satu negara yang paling parah dihantam badai COVID-19.

Tercatat, dana yang dialokasikan empunya kebijakan mencapai sekitar 348 juta dolar atau setara Rp5 triliun untuk mendanai 100 juta dosis vaksin. Vaksin tersebut saat ini sedang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca. Hal itu dilakukan supaya nantinya vaksin COVID-19 akan diproduksi di Brasil.

Tak hanya itu. Pemerintah Negara Bagian Sao Paulo juga sedang mengerjakan kerja sama untuk vaksin potensial dengan China’s Sinovac Biotech. Kerja sama itu dilakukan dalam rangka menahan laju penyebaran COVID-19.

Akan tetapi, Presiden Brasil Jair Bolsonaro tetap pada pandangannya dalam meremehkan COVID-19. Lantas, dirinya takkan memaksa rakyat Brasil untuk divaksinasi. "Tidak ada yang bisa memaksa siapa pun untuk mendapatkan vaksin."