Sandiaga Uno Beberkan Fakta Kalau Fesyen Bisa Jadi Jadi Tren Ekonomi Kreatif
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Jangan anggap sebelah mata sektor industri tenun. Salah satu turunan dari industri kreatif ini diyakini bisa menjadi lokomotif perekonomian Indonesia.

Fakta tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pameran Adiwastra Nasional yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Minggu 13 Februari seperti dilihat dari akun Twitternya.

Dalam unggahan video di media sosial pribadinya, kata Sandiaga Uno sumbangan dari subsektor fesyen dan kriya setiap tahunnya memberikan presentase yang cukup membanggakan.

“Rata-rata 18% setiap tahunnya. Dan itu 15% dari total PDB ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno.

Hal ini tentu berdampak baik untuk pertumbuhan ekonomi. Bahkan, lanjut Sandiaga Uno, subsektor fesyen dan kriya ini dapat menjadi mesin penarik ekonomi bangsa.

"Ini menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional, dengan turut serta memberdayakan pelaku UMKM dan perajin daerah. Tentunya menciptakan banyak lapangan pekerjaan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno pun disambut oleh para pengrajin dan pengusaha tenun. Salah satunya dari Toba Tenun, sebuah merek tenun dari PT Toba Tenun Sejahtera yang melahirkan produk tenun berkualitas dengan harga jutaan rupiah.

Pengrajin Toba Tenun pun berkeinginan mengundang Sandiaga Uno untuk mengunjungi Medan, melihat bagaimana usaha mereka berkembang.