Janji Menteri Sandiaga Uno untuk Industri Perfilman Indonesia
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno janji akan terus mencari cara menggiatkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah terpaan pandemi global COVID-19. Dia terus memberi dukungan pada sektor industri yang dikepalainya.

Salah satunya industri perfilman tanah air. Melalui Family Sunday Movie (FSM) 2022, Sandiaga Uno menyampaikan komitmen-komitmennya.

"Kami berkomitmen untuk mengapresiasi, memfasilitasi, memperluas jaringan para film maker dan komunitas film lokal untuk melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri kreatif di Indonesia," ungkap Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Selasa 8 Februari.

FSM diungkapkan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai wadah bagi para pelaku film untuk menghasilkan karya-karya orisinil yang berkualitas, sehingga memiliki nilai jual dan mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa dengan pelaku film dapat mendistribusikan hasil karya, maka lapangan kerja bagi masyarakat akan terbuka luas.

"Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas," ungkap Sandiaga Uno.

Oleh karena itu, Sandiaga mengajak seluruh pihak, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas film hingga pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia bisa ikut serta dalam ajang FSM 2022.

"Syaratnya hanya berkewarganegaraan Indonesia atau berdomisili di Indonesia bagi sutradara, produser, dan penulis naskah dalam film yang mendaftarkan diri," ucap dia.

Selanjutnya, sambung Sandiaga, film pendek yang dibuat merupakan fiksi atau dokumenter yang dibuat di Indonesia.

"Boleh angkat tema apapun selama tidak mengandung unsur SARA," imbuh Sandiaga Uno.

Nantinya, Dewan Juri FSM akan memilih dua film pendek terbaik setiap bulan. Para pemenang itu nantinya akan mendapat sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi pada portal media nasional serta diundang dalam acara meet & greet bersama dirinya dan para sineas nasional.