Menparekraf Sandiaga Uno Yakin Cetak 4,4 Juta Lapangan Kerja di 2024
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yakin bisa membuka sedikitnya 4,4 juta lapangan kerja. Angka itu ia klaim hanya dari sektor yang dipimpinnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Jumlah 4,4 juta lapangan kerja tersebut diyakini bakal tercapai tahun 2024. Sedangkan untuk tahun ini 2022 akan tercipta sedikitnya 1,1 juta lapangan kerja baru.

"Tahun 2022 ini kita akan ciptakan 1,1 Juta lapangan kerja baru, dan 4,4 juta pada tahun 2024, semuanya dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Harapannya fesyen di Desa Budo yang dikembangkan ini, yaitu batik mangrove bisa menjadi andalan," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya, Sabtu 30 Juli.

Pernyataan tersebut dilontarkannya saat melakukan kunjungannya ke Desa Wisata Budo yang terletak di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Sandiaga Uno melakukan lawatan tersebut dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga Uno juga memaparkan bahwa produk fesyen telah menyumbang miliaran dolar dalam potensi ekspor.

"Seperti kita ketahui, fesyen menyumbang USD21,8 miliar lebih dan fesyen yang mendominasi dari segi ekspor. Alangkah baiknya kalau Desa Wisata Budo juga mengembangkan motif ini dan pada satu saat ikut menyumbangkan kepada peningkatan lapangan kerja," ungkap Sandiaga Uno.