Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin akan ada 2,3 juta lapangan kerja tercipta karena kawasan ekonomi khusus (KEK).

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah sudah menawarkan investasi USD6-8 miliar ke Amerika dari program itu.

"Kita berharap selain delapan KEK, ada 12 sustainable tourism project yang kita tawarkan dan 21 investor yang hadir di sini akan mendapatkan pilihan," kata Sandiaga Uno melalui keterangan tertulis, Sabtu 19 November.

Dalam acara global tourism forum di Jimbaran, Bali pada Kamis, 17 November 2022, Sandiaga yakin program itu bisa membuat jutaan lapangan kerja bertambah di Indonesia tiap tahunnya.

"Saya sangat yakin global tourism forum ini akan tercipta suatu terobosan, sehingga target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 lapangan kerja tahun 2024 bisa tercapai," ujar Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno meyakini Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menjadi terobosan untuk melancarkan program tersebut. Investasi di Indonesia juga diyakini meningkatkan.

"Ini semua tercakup dalam Global Tourism Forum, dan pesan dari Bapak Presiden agar kita hentikan perang, kita hentikan kekerasan dengan alasan kemanusiaan untuk kebangkitan kita dan juga masalah pangan dan energi ini yang menjadi salah satu kunci utama kita bisa hadirkan," tutur Sandiaga Uno.