Mahfud MD Sebut Hadirnya Polisi di Calon Waduk Bener Desa Wadas untuk Mencegah Konflik Antarwarga
Lokasi pembangunan Waduk Bener di Kabupaten Purworejo. ANTARA/HO-

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan, hadirnya pihak berwajib di lokasi calon Waduk Bener di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah semata-mata untuk mencegah konflik antarwarga.

"Polisi sudah bertindak atas permintaan untuk pengawalan dan menjaga masyarakat agar tidak terjebak konflik horisontal dan terprovokasi antar sesama masyarakat," ungkap Mahfud kepada wartawan, Rabu, 9 Februari.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga menampik ada aksi kekerasan pihak polisi saat proses pengukuran tanah. Sebaliknya, polisi sudah bertindak sesuai prosedur berlaku.

"Polisi sudah bertindak sesuai prosedur untuk menjamin keamanan masyarakat. Tidak ada kekerasan dari aparat, tidak ada penembakan," kata Mahfud.

Mahfud memastikan pihaknya akan menggelar rapat koordinasi terkait masalah di Desa Wadas ini dengan sejumlah pihak. "Sampai saat ini kita proses cooling down dulu," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Purworejo mendampingi tim BPN setempat untuk melakukan pengukuran tanah di lokasi calon Waduk Bener di Desa Wadas, Bener. Hal ini dilaksanakan pada Selasa, 8 Februari kemarin.

"Sebanyak 250 petugas gabungan mendampingi sekitar 70 petugas BPN dan dinas pertanian yang melaksanakan pengukuran dan penghitungan tanaman tumbuh," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes M. Iqbal Alqudusy dalam keterangannya di Purworejo, Jawa Tengah dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan bahwa petugas melakukan pendampingan tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) setelah Kepala Kanwil BPN Jateng beraudiensi dengan Kapolda Jateng pada hari Senin lalu.

Adapun dasar surat pendampingan personel, kata dia, tertuang dalam Surat Kementerian PUPR Nomor UM 0401.AG.3.4./45 tanggal 3 Februari 2022 tentang Permohonan Pengamanan Pelaksanaan Pengukuran di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jateng.

Selain itu, ada juga surat dari Kementerian ATR/BPN Kabupaten Purworejo Provinsi Jateng Nomor AT.02.02/344-33.06/II/2022 tanggal 4 Februari 2022 perihal Permohonan Personel Pengamanan Pelaksanaan Inventarisasi dan Identifikasi di Desa Wadas Kabupaten Purworejo.