Menteri Edhy Prabowo Dikabarkan Positif COVID-19
Menteri KKP Edhy Prabowo (Foto: @kkpgoid)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan positif COVID-19. Kabar ini dibenarkan oleh politikus asal Partai Gerindra Kawendra Lukistian. Kepada wartawan, dia menyebut Edhy dinyatakan positif setelah kembali dari luar kota untuk melaksanakan tugasnya.

"Iya (positif, red). Kata teman-teman di KKP kenanya sepulang kunjungan dari tugas luar kota kemarin," kata Kawendra saat dihubungi wartawan, Selasa, 8 September.

Kabar yang sama juga didapati oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan. Informasi tersebut didapatkannya dari staf di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Iya,  saya mendapat info tersebut dari staf KKP dan info yang saya dapatkan kondisinya sehat," ungkap Daniel.

Usai mendapatkan informasi itu, sebagai wakil ketua dari komisi di DPR yang menjadi mitra kementerian yang dipimpin Edhy, Daniel langsung menghubungi kader Gerindra tersebut.

"Saya langsung WA Bang Edhy tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar," ungkapnya.

"Dijawab 'amin, terima kasih, Pak Ketua'," imbuh Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Sebelumnya, di awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, seorang Menteri di Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat dinyatakan positif terpapar virus tersebut. Saat itu Budi sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

Diketahui, per Senin, 7 September kemarin jumlah kasus COVID-19 masih terus terjadi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat terjadi penambahan kasus sebanyak 2.880 secara nasional. Angka ini didapat dari 18.412 spesimen yang diperiksa.

"Total akumulasi kasus positif sejak COVID-19 ditemukan di Indonesia mencapai 196.989 orang," demikian dikutip dari data Kemenkes, Senin, 7 September.

Berdasarkan perkembangan data, persentasi tingkat kasus positif berdasarkan hasil tes atau positivity rate terus meningkat. Hari ini, positivity rate mencapai 13,9 persen.

Peningkatan angka tersebut dilihat dari positivity rate pada tanggal 5 September sebesar 13,7 persen, kemudian positivity rate 6 September sebesar 13,8 persen.

Kasus sembuh pada hari ini bertambah 2.077, sehingga totalnya ada 140.652 orang sembuh. Kemudian, kasus konfirmasi positif yang meninggal bertambah 105 orang dan totalnya 8.130 orang.