Sempat Dirawat Intensif, Menteri Edhy Prabowo Kini Dinyatakan Negatif COVID-19
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. (Foto: KKP)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sempat dinyatakan positif terpapar COVID-19, Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo kini dinyatakan sembuh atau negatif. Edhy sebelumnya sempat dirawat intensif dan dipindahkan perawatannya dari RS Polri Kramat Jati ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. 

"Keadaannya sekarang baik-baik saja. Memang sempat dimasukan di ICU dengan tujuan perawatan lebih baik dan dalam keadaan sadar," kata Juru Bicara Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 16 September.

"Saudara Edhy Prabowo dalam kondisi baik, merasa keadaannya sehat, dan sudah makan enak. Alhamdulillah hasil swab sudah negatif," imbuhnya.

Kabar Edhy Prabowo terpapar COVID-19 sebelumnya disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan. Informasi tersebut didapatkannya dari staf di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Iya,  saya mendapat info tersebut dari staf KKP dan info yang saya dapatkan kondisinya sehat," ujar Daniel beberapa waktu lalu.

Usai mendapatkan informasi itu, sebagai wakil ketua dari komisi di DPR yang menjadi mitra kementerian yang dipimpin Edhy, Daniel langsung menghubungi kader Gerindra tersebut.

"Saya langsung WA Bang Edhy tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar," tutur dia.

"Dijawab 'amin, terima kasih, Pak Ketua'," imbuh Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Sebelumnya, di awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, seorang Menteri di Kabinet Indonesia Maju yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat dinyatakan positif terpapar virus tersebut. Saat itu Budi sempat dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

Diketahui, angka pasien COVID-19 saat ini masih meningkat. Dari data yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Rabu, 16 September ini, dari 39.774 spesimen diperiksa, hasilnya, ada 3.963 kasus positif COVID-19 baru.

Pertambahan kasus baru pada hari ini mencapai rekor baru. Angka ini mengikuti tingginya jumlah spesimen yang diperiksa.

"Total akumulasi kasus positif sejak COVID-19 ditemukan di Indonesia mencapai 228.993 orang," demikian dikutip dari data Kemenkes, Rabu, 16 September.

Kasus sembuh pada hari ini bertambah 3.036, sehingga totalnya ada 164.101 orang sembuh. Kemudian, kasus konfirmasi positif yang meninggal bertambah 135 orang dan totalnya 9.100 orang.