Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan pemenang sayembara prasarana ruang publik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Sayembara ini mulai dibuka pada Oktober 2019 dan berhasil mendapatkan 14 karya. Dari karya-karya tersebut, dilakukan seleksi hingga tersisa 5 karya.

Kelima peserta yang memenangkan nominasi terbaik adalah Studio Lawang & PT Rekatama Konstruksindo yang mengusung tema Bagimu Generasi Depan, PT Arthademo Enginering Consultant yang mengusung tema Sudirman Mute Park and Hub.

Selanjutnya PT Jakarta Konsultindo, PT Arkonin yang mengusung tema Jejak Bangsa di Gerbang Indonesia, dan PT Penta Rekayasa yang mengusung tema “Galeri Selamat Datang.

"Penjurian akhir memang baru dapat terlaksana hari ini, namun semangat membangun Jakarta tidak boleh terputus di satu era Gubernur. Karya yang baik harus dapat dinikmati oleh lintas generasi di Ibu Kota," kata Anies dalam keterangannya, Senin, 31 Januari.

Dari kelima peserta, pemenang sayembara pertama adalah PT Arkonin dan mendapat hadiah sebesar Rp225 juta. Sementara, empat peserta pemenang lainnya mendapat hadiah masing-masing Rp43,75 juta.

Diketahui, sayembara prasarana ruang publik dimaksudkan untuk membangun fasilitas prasarana ruang publik disekeliling Kawasan Bundaran HI serta menghubungkannya ke Kawasan Tanah Abang.

Dalam rangka membangun fasilitas tersebut, perlu dibuat rancangan design yang mempertimbangan sejarah, kualitas visual maupun terbentuknya vista yang terjaga dari segala arah baik pengamatan mata jarak dekat maupun jarak jauh, sehingga dapat memberikan aksentuasi terhadap Monumen Selamat Datang.