Soal Pertahanan dan Keamanan di IKN Nusantara, Panglima TNI Menunggu Arahan dan Anggaran
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA -  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunggu arahan untuk memaksimalkan proteksi atau pertahanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurutnya hal ini belum dibahas dalam rapat kerja bersama DPR.

"Tapi kan yang penting kita menunggu anggaran. Kalau tentang desain dan segala macam kan nanti juga diarahkan ke kami juga," ujar Andika  Perkasa di gedung DPR, Senin, 24 Januari.

Andika mengatakan, satuan TNI akan menyiapkan strategi yang memadai. Namun lagi-lagi, kata dia, masih menunggu keputusan pemerintah terkait kebutuhan pertahanan TNI di sana.

"Kalau sudah jadi keputusan kami pasti akan berusaha untuk menjabarkan dan memaksimalkan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan ibu kota baru juga memiliki sistem pengamanan yang memadai," kata Andika Perkasa.

Panglima TNI mengatakan pihaknya hingga saat ini belum menerima permintaan bantuan terkait pertahanan dan keamanan di ibu kota baru.

"Sejauh ini saya belum dapat terima misalnya permintaan bantuan, tapi kalau ada kita pasti akan berusaha dukung semaksimal mungkin. Sejauh ini belum ada," jelasnya.

Sementara soal proyeksi IKN baru, Panglima TNI mengatakan hal itu menjadi kewenangan pemerintah pusat. 

"Kalau dalam hal siapa arsiteknya dan seterusnya itu kan ditangani langsung oleh panitia pusat. Jadi tidak membahas secara spesifik itu tadi," sambung Andika Perkasa.