Begini Rencana Panglima Agus Bangun Infrastruktur Tiga Matra TNI di IKN
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menhan Prabowo Subianto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di halaman depan lokasi Rapim TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar TNI, Cilangkap, Rabu (28/2/2024). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menjelaskan rencana membangun infrastruktur untuk tiga matra TNI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Infrastruktur tersebut, yaitu Pangkalan udara (lanud) TNI AU, pasukan marinir (pasmar) TNI AL, komando daerah militer (kodam) khusus, serta dua batalyon baru TNI AD.

"TNI terus berupaya menyempurnakan organisasi guna menjawab dinamika tantangan tugas ke depan, termasuk pembangunan sistem pertahanan terpadu di IKN," kata Agus dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu 28 Februari, disitat Antara.

Agus menuturkan pembentukan markas-markas baru TNI dari tiga matra itu terkait dengan tata kelola organisasi TNI secara keseluruhan, seiring dengan pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke IKN.

Dia lanjut membeberkan rencana mengubah struktur organisasi di tiga matra TNI. Pertama, di lingkungan TNI AD, Agus berencana menggelar total 37 kodam.

Dari 37 kodam itu, 15 di antaranya akan diperkuat oleh komando resor militer (korem), sementara 22 lainnya tidak diperkuat korem.

Kemudian, di lingkungan TNI AL, Agus berencana meningkatkan status pangkalan utama TNI AL (lantamal) menjadi komando operasi utama (kotama) operasi.

"Dan, pembinaan dengan nomenklatur kodamar (komando daerah maritim) kelas A, jumlah delapan lantamal dan enam lantamal, menjadi kodamar kelas B," ujar Agus.

Selanjutnya, di lingkungan TNI AU, dia juga akan meningkatkan status lima pangkalan udara tipe A dan dua pangkalan udara tipe B. Kemudian, akan dilakukan pula pembentukan pangkalan udara tipe C dan skadron-skadron baru.

"Hal tersebut selaras dengan visi TNI yang PRIMA, dalam hal ini well-organized (tata kelola organisasi yang baik). Untuk itu, kami sangat mengharapkan dukungan Bapak Presiden (Joko Widodo) dalam rangka mewujudkan rencana di atas,” kata Agus.

Rapim TNI-Polri Tahun 2024 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, dibuka oleh Presiden Jokowi yang juga memberikan arahan-arahan kepada jajaran pimpinan TNI dan Polri.

Dalam rapat gabungan TNI-Polri tahun ini, TNI selaku tuan rumah mengangkat tema "TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju".

Dalam rapim tersebut, Jokowi memberikan penghargaan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo menerima kenaikan pangkat istimewa dari purnawirawan jenderal bintang tiga menjadi jenderal kehormatan bintang empat.

Usai acara, Presiden Jokowi langsung meninggalkan lokasi Rapim TNI-Polri, kemudian Prabowo bersama Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo lanjut mengecek kesiapan prajurit dan beberapa alat utama sistem persenjataan (alutsista) darat, seperti tank-tank, kendaraan tempur, kendaraan taktis, dan sepeda motor trail spek militer buatan dalam negeri.