Markas Baru TNI di IKN Luasnya 4.500 Hektare, Panglima Andika Bakal Isi Dengan 50 Ribu Prajurit Lama
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan dibangun markas baru bagi tiga matra TNI. Melengkapinya IKN akan diisi oleh 30-50 ribu prajurit TNI dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, jumlah prajurit yang akan ditempatkan di IKN itu di luar kekuatan TNI saat ini. Sehingga proses rekrutment prajurit baru akan diajukan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Jadi kehadiran personel tambahan ini, dengan satuan-satuannya, dengan alutsistanya, ini kami juga akan mengajukan penambahan personel kepada Menteri Pertahanan antara 30-50 ribu personel baru dari tiga matra, di luar kekuatan TNI saat ini," kata Panglima Andika, dikutip dari YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Selasa 22 Maret.

Dia menjelaskan, penambahan prajurit TNI yang dimaksudnya tidak berasal dari prajurit baru, tetapi akan ditarik dari seluruh satuan di Indonesia.

"Dari Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Darat. Kemudian penggantinya itulah yang kita ambil dari rekrutmen baru TNI ke depan," ujarnya.

Penglima Andika mengaku, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan beragam kebutuhan untuk membangun Komando Daerah Militer (Kodam) baru dan fasilitasnya di wilayah IKN Nusantara.

Markas baru TNI tersebut diperkirakan membutuhkan lahan mencapai 4.500 hektare. Nantinya setelah dibangun fungsinya akan terintegrasi dengan tiga matra TNI.