Gibran Rakabuming Bersinergi dengan TNI dalam Program RLTH di Solo
Gibran Bersama TNI/Foto: Antara

Bagikan:

SOLO – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan terus bersinergi dengan TNI dalam program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) di Solo.

"Kami berharap ke depan bisa terus bersinergi dengan TNI, sehingga warga yang belum menerima program renovasi RTLH dapat disuport oleh TNI," kata Gibran dikutip Antara, saat menghadiri penyerahan 12 unit hasil renovasi RTLH di Kelurahan Stabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat 21 Januari.

Pada acara penyerahan hasil program renovasi RTLH dan perbaikan MCK umum tersebut dilakukan langsung oleh Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel (Inf) Rudi Saladin bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol (Inf) Devy Kristiono kepada warga di Stabelan Banjarsari Solo.

Gibran mengatakan bahwa kuota untuk program renovasi RTLH dari Pemerintah Kota Surakarta, jumlahnya terbatas, maka solusinya, berkolaborasi dengan TNI khususnya Korem 074/Warastratama dan Kodim 0735/Surakarta untuk mewujudkan rumah yang layak huni bagi warga masyarakat di Kota Surakarta.

"Meskipun, warga dengan lahan atau luas tanah yang terbatas, mereka yang paling penting rumahnya sudah berkeramik dan tidak bocor lagi," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono mengatakan kegiatan renovasi program RTLH dan MCK yang dilaksanakan saat ini, ada sebanyak 12 unit rumah warga di Kota Surakarta dan tiga unit MCK umum.

Pihaknya pada tahun ini, totalnya sudah melaksanakan program renovasi RTLH di Solo, mencapai 43 unit rumah dan lima MCK umum untuk masyarakat.

"Hal ini, dilakukan sesuai dengan tugas pokok kami selaku TNI yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 34 Tahun 2004, kami membantu Pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus sesuai dengan arahan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), bahwa TNI memiliki kewajiban untuk menjadi contoh dan mempelopori serta mengatasi kesulitan rakyat di wilayahnya," ucapnya.

Oleh karena itu, TNI melaksanakan kegiatan program renovasi RTLH kepada masyarakat yang rumahnya sudah harus diperbaiki apalagi menghadapi cuaca ekstrem terutama sering terjadi turun hujan di wilayah ini.

"Kendati demikian, pihaknya berharap kepada masyarakat yang rumahnya direnovasi menjadi layak huni dan MCK umum diperbaiki tetap dijaga dan dirawat sehingga dapat digunakan dengan baik," katanya.

Sementara itu, setelah acara penyerahan rumah layak huni dan renovasi MCK kepada warga sekitar, Danrem 074 Warastratama, Wali Kota Surakarta, dan Dandim 0735 Surakarta kemudian membagikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.