Persiapan Gibran Jelang Debat Cawapres, Siap Adu Gagasan dengan Mahfud MD dan Cak Imin
Persiapan Gibran menjelang debat cawapres (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Debat calon wakil presiden (cawapres) bakal digelar pada Jumat 22 Desember 2023. Di antara ketiga cawapres, sosok Gibran Rakabuming pasangan Prabowo Subianto paling diremehkan atau dianggap anak bau kencur. Lantas seperti apa persiapan Gibran menjelang debat cawapres?

Gibran Rakabuming sebagai cawapres nomor urut 2 mengaku sudah melakukan sudah mendalami materi untuk persiapan debat. Gibran memang menjadi cawapres paling muda diantara dua kandidat lainnya, yaitu Mahfud MD dan Cak Imin. Lantaran pengalamannya belum sebanyak dua cawapres lainnya, tidak sedikit masyarakat yang meragukan kemampuan Gibran dalam debat nanti. 

Acara debat perdana cawapres akan mengangkat isu ekonomi kerakyatan, perdagangan, infrastruktur, keuangan, investasi pajak, dan pengelolaan APBN/APBD. Publik pun penasaran dengan persiapan Gibran jelang debat cawapres menghadapi Mahfud MD dan Cak Imin. 

Persiapan Gibran Jelang Debat Cawapres

Gibran Rakabuming akan debat menghadapi dua cawapres senior yang jauh lebih berpengalaman darinya. Debat cawapres ini diprediksi tidak kalah seru dengan sesi debat capres yang sudah digelar sebelumnya. Setiap cawapres bakal unjuk gigi untuk beradu gagasan dan argumen. 

Berikut ini beberapa persiapan Gibran Rakabuming menjelang debat cawapres pekan depan:

Berkunjung ke IKN

Gibran Rakabuming mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk pertama kalinya pada Sabtu (16/12) lalu. Agenda kunjungan Gibran dilakukan sebagai upaya untuk membuktikan bahwa dirinya mendukung program yang sudah dijalankan oleh Presiden Jokowi. 

"Ini pertama kalinya saya ke IKN, bapak, ibu, ini luar biasa sekali. Mohon doanya," tutur Gibran Rakabuming saat berjumpa dengan masyarakat di Rest Area IKN, Kalimantan Timur.

Dalam keterangan terpisah, Rudy Masud sebagai Ketua tim kampanye (TKD) Kalimantan Timur menyatakan optimis bahwa Prabowo-Gibran mampu memenangkan suara di Kalimantan Timur dalam Pemilu 2024 satu putaran.

Blusukan ke Pontianak

Gibran juga mengunjungi Kota Pontianak dalam rangkaian kampanyenya di Pulau Kalimantan. Dalam momen blusukannya ke Pontianak, Gibran mengungkapkan bahwa dirinya cukup jarang data ke acara kampanye akbar. Sebab menurutnya kegiatan tersebut merupakan tugas dari Prabowo Subianto selaku capres yang menjadi pasangannya.

"Kalau saya kan jarang sekali datang ke kampanye yang akbar, memberikan orasi. Saya jarang. Itu porsinya Pak Prabowo sih," ucap Gibran di acara silaturahmi dengan TKD Kalbar pada Minggu (17/12).

Aktif Promosi Event di Solo

Salah satu modal pamungkas Gibran Rakabuming dalam debat cawapres nantinya yakni terkait dengan kinerjanya sebagai Wali Kota Solo. Menjelang jadwal debat perdana cawapres, Gibran diketahui cukup aktif mempromosikan sejumlah event di kota yang ia pimpin. 

Gibran getol mempromosikan event-event menarik di Solo melalui akun media sosial pribadinya. Hingga saat ini tercatat Gibran sudah mempublikasi informasi sejumlah event, seperti Rock in Solo, Solo Art Market, dan Solo Safari. 

Membagikan Informasi Makan Siang Gratis

Program makan siang gratis merupakan salah satu visi misi unggulan dari pasangan Prabowo-Gibran dalam ajang Pemilu 2024. Berangkat dari program menarik tersebut, Gibran cukup aktif membagikan informasi terkait pentingnya makan siang gratis di sekolah-sekolah. 

Melalui unggahannya pada 12 Desember lalu, Gibran menyampaikan informasi PBB yang menyebut bahwa program makan siang di sekolah sudah dijalankan oleh beberapa negara. Ada sebanyak 76 negara yang menerapkan program makan siang gratis dan sudah 418 juta anak yang terbantu dari program ini. 

Demikianlah ulasan mengenai persiapan Gibran menjelang debat cawapres yang akan digelar pada 22 Desember. Acara debat cawapres bisa ditonton oleh masyarakat melalui sejumlah saluran tv dan channel YouTube. Baca juga informasi TKN minta publik tak underestimate Gibran.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.