Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengakui cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka adalah lawan beratnya dalam debat kedua Pilpres 2024 khusus cawapres.

Sebab, tema debat cawapres pada Jumat, 22 Desember esok hari cocok dengan rekam jejak Gibran yang berlatar belakang pengusaha. Ditambah, Gibran juga menjabat sebagai kepala daerah.

"Kita tahu Mas Gibran punya jejak rekam pengusaha sukses, Mas Gibran juga punya pengalaman jadi wali kota yang berhasil. Tentu Mas gibran punya kekuatan yang harus kita juga hati-hati," kata Cak Imin kepada wartawan, Kamis, 21 Desember.

Jelang debat esok hari, Cak Imin menyebut dirinya mempersiapkan diri dengan mencermati kembali visi misi dan programnya dengan Anies Baswedan dengan materi yang sesuai tema debat.

"Yang paling penting dari substansi debat adalah kita menyampaikan rencana dan gagasan, sehingga masyarakat mendukung gagasan," ujar Cak Imin.

"Sekaligus, kalau menang, gagasan itu bisa terlaksana dengan cepat karena masyarakat mengerti dan terlibat untuk berpartisipasi," sambung dia.

Debat kedua pada Jumat besok digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Acara tersebut akan dihadiri tiga cawapres masing-masing Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Berbeda dengan debat capres, di debat cawapres KPU bakal menyediakan podium. Keberadaan podium jadi tindak lanjut evaluasi yang dilakukan atas debat capres sebelumnya.

Seperti debat capres sebelumnya, durasi debat cawapres juga tak berbeda jauh yakni 150 menit. Sedangkan durasi khusus debatnya yaitu selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen.

KPU memastikan format debat cawapres tak akan berubah dari format capres yang digelar pada Selasa, 12 Desember 2023.

- Segmen 1, cawapres akan menyampaikan visi-misi dan program kerja dari masing-masing peserta.

- Segmen 2 dan 3 cawapres akan menjawab sejumlah pertanyaan yang telah disusun panelis sebelumnya, dan pertanyaan akan disampaikan oleh moderator.

- Segmen 4 dan 5 diisi oleh pertanyaan dari tiap cawapres kepada cawapres lain. Selain itu tiap cawapres juga akan diberi kesempatan menjawab pertanyaan yang diajukan.

- Segmen 6 diisi clossing statement atau pernyataan terakhir.