Sukses Bikin Peluncur Vertikal Kapal Perang Lokal Gantikan Produk Asing, Presiden Erdogan: Kami Sekarang Mandiri
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat peluncuran kapal TCG Ufuk (A-591). (Sumber: Presidency of The Republic of Turkiye)

Bagikan:

JAKARTA - Turki telah memproduksi sistem peluncuran vertikal (VLS) di dalam negeri untuk platform angkatan laut, menggantikan yang diperoleh dari luar negeri, dengan sistem tersebut juga akan melengkapi kapal perang yang akan dibangun dalam waktu dekat, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

"Sampai sekarang, kami telah mengalihdayakan VLS, yang merupakan kelompok senjata utama frigat kami. Sekarang sudah ada produksi nasional dan lokal," kata Presiden Erdogan mengutip Daily Sabah 14 Januari.

Presiden Erdogan menyampaikan hal ini dalam upacara peluncuran kapal pengumpul intelijen pertama buatan Turki itu di Galangan Kapal Istanbul.

Ditetapkan sebagai kapal uji dan pelatihan, TCG Ufuk (A-591) juga dikembangkan dan dibangun dengan sumber daya dan kemampuan nasional. Pada Hari Jumat, kapal dikirim ke Organisasi Intelijen Nasional (MIT) untuk operasi bersama dengan Komando Angkatan Laut.

Berbicara lebih lanjut tentang VLS domestik, Presiden Erdogan mengatakan akan melengkapi Frigate Istanbul, kapal kelima yang dibangun di bawah proyek MILGEM (Kapal Nasional) dan diluncurkan tahun lalu.

turki
Peluncuran kapal Angkatan Laut Turki TCG Ufuk (A-591) (Sumber: Presidency of The Republic of Turkiye)

Di bawah MILGEM, galangan kapal Turki telah mengirimkan empat korvet ke angkatan laut sejauh ini. Mereka juga membangun kapal perang untuk negara-negara sahabat dan sekutu, yaitu Pakistan dan Ukraina.

Negara tersebut baru-baru ini meluncurkan tender untuk tiga korvet MILGEM baru yang akan dibangun di bawah kerjasama publik-swasta. Ketiga korvet itu juga akan dilengkapi dengan VLS domestik, kata Erdogan.

"Kami sekarang merancang dan memproduksi banyak senjata, sensor, radar, sistem manajemen di dalam negeri, seperti rudal anti-kapal Atmaca kami atau sistem senjata jarak dekat (CIWS) Gökdeniz," ungkap Presiden Erdogan.

Bergantung pada pengadaan VLS di luar negeri, Turki ditetapkan untuk membeli MK41 VLS dari Amerika Serikat untuk Istanbul fregat. Tetapi, ini berubah karena embargo Amerika Serikat yang mencegah pembelian, mempercepat upaya domestik untuk mengembangkan sistem semacam itu di dalam negeri.

Untuk diketahui, Ankara bercita-cita mewujudkan kemandirian sektor-sektor vital dalam sistem pertahanan, didorong oleh beberapa embargo resmi atau tidak resmi dan pembatasan penjualan yang dialami dalam sejarah negara baru-baru ini.

Adapun industri angkatan laut adalah salah satu cabang utama yang maju sebagai langkah yang diambil telah mengembangkan angkatan laut dengan pesat.