Makan Sampah di Tempat Pembuangan, 20 Gajah di Sri Lanka Mati
Ilustrasi gajah di lokasi pembuangan sampah di Sri Lanka. (Wikimedia Commons/Tharmapalan Tilaxan)

Bagikan:

JAKARTA - Konservasionis dan dokter hewan memperingatkan sampah plastik di tempat pembuangan sampah terbuka di Sri Lanka timur membunuh gajah di wilayah tersebut, setelah dua lagi ditemukan mati selama akhir pekan.

Sekitar 20 gajah telah mati selama delapan tahun terakhir setelah memakan sampah plastik di tempat pembuangan sampah di desa Pallakkadu di distrik Ampara, sekitar 210 kilometer (130 mil) timur ibukota, Kolombo.

Pemeriksaan hewan yang mati menunjukkan, mereka telah menelan sejumlah besar plastik yang tidak dapat terurai yang ditemukan di tempat pembuangan sampah, kata dokter hewan satwa liar Nihal Pushpakumara.

"Polythene, pembungkus makanan, plastik, non-digestible lainnya dan air adalah satu-satunya hal yang bisa kita lihat di post mortem. Makanan normal yang dimakan dan dicerna gajah tidak jelas," jelasnya mengutip Daily Sabah dari AP 17 Januari.

Gajah dihormati di Sri Lanka tetapi juga terancam punah. Jumlah mereka telah berkurang dari sekitar 14.000 pada abad ke-19 menjadi 6.000 pada tahun 2011, menurut sensus gajah pertama di negara itu.

gajah sri lanka
Ilustrasi gajah di lokasi pembuangan sampah di Sri Lanka. (Wikimedia Commons/Tharmapalan Tilaxan)

Mereka semakin rentan karena hilangnya dan degradasi habitat alami. Banyak yang menjelajah lebih dekat ke pemukiman manusia untuk mencari makanan, dan beberapa dibunuh oleh pemburu liar atau petani yang marah karena kerusakan tanaman mereka.

Gajah lapar mencari sampah di tempat pembuangan sampah, memakan plastik serta benda tajam yang merusak sistem pencernaan mereka, kata Pushpakumara.

"Gajah-gajah itu kemudian berhenti makan dan menjadi terlalu lemah untuk menopang tubuhnya yang berat. Ketika itu terjadi, mereka tidak bisa mengonsumsi makanan atau air, yang mempercepat kematian mereka," papar Pushpakumara.

Pada tahun 2017, pemerintah mengumumkan akan mendaur ulang sampah di tempat pembuangan dekat zona satwa liar untuk mencegah gajah mengonsumsi sampah plastik. Ia juga mengatakan, pagar listrik akan didirikan di sekitar lokasi untuk menjauhkan hewan-hewan itu. Namun keduanya belum sepenuhnya dilaksanakan.

Total ada 54 tempat pembuangan sampah di zona satwa liar di seluruh negeri, dengan sekitar 300 gajah berkeliaran di dekat mereka, menurut para pejabat. Tempat pengelolaan sampah di desa Pallakkadu didirikan pada tahun 2008 dengan bantuan dari Uni Eropa. Sampah yang dikumpulkan dari sembilan desa terdekat dibuang di sana tetapi tidak didaur ulang.

gajah makan sampah
Ilustrasi gajah di lokasi pembuangan sampah di Sri Lanka. (Wikimedia Commons/Tharmapalan Tilaxan)

Pada tahun 2014, pagar listrik yang melindungi situs tersebut disambar petir dan pihak berwenang tidak pernah memperbaikinya, sehingga gajah dapat masuk dan mengobrak-abrik tempat pembuangan sampah. Warga mengatakan gajah telah bergerak lebih dekat dan menetap di dekat lubang pembuangan, memicu ketakutan di antara penduduk desa terdekat.

Sementara itu, banyak yang menggunakan petasan untuk mengusir binatang ketika mereka berkeliaran di desa, dan beberapa memasang pagar listrik di sekitar rumah mereka.

Tetapi, penduduk desa sering tidak tahu cara memasang pagar listrik dengan aman, sehingga "dapat membahayakan nyawa mereka sendiri dan juga gajah," kata Keerthi Ranasinghe, seorang anggota dewan desa setempat.

"Meskipun kami menyebutnya sebagai ancaman, gajah liar juga merupakan sumber daya. Pihak berwenang perlu menemukan cara untuk melindungi kehidupan manusia dan gajah yang juga memungkinkan kami untuk melanjutkan kegiatan pertanian kami," tandasnya.