Bagikan:

JAKARTA - Polisi Swedia sedang menyelidiki penerbangan drone tidak sah di beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir di negara itu, menetapkannya sebagai peristiwa khusus.

Polisi mengkonfirmasi drone terlihat di atas pembangkit listrik tenaga nuklir Forsmark dan Oskarshamn. Drone juga dilaporkan terlihat di atas pembangkit listrik tenaga nuklir Ringshals dan pembangkit listrik yang ditutup di Barsebäck, tetapi polisi tidak dapat mengkonfirmasi informasi tersebut.

Menurut juru bicara polisi Petra Blomqvist, pengamatan pertama terhadap objek terbang di atas Forsmark dilakukan pada Jumat malam pekan lalu, berlanjut selama lebih dari satu jam. Menurut polisi, tidak ada indikasi bahwa drone telah mendarat di dalam area pembangkit listrik tenaga nuklir.

"Ini adalah peristiwa yang sangat serius. Kami sedang menyelidiki kemungkinan koneksi," jelas Blomqvist dalam sebuah pernyataan, mengutip Sputnik News 17 Januari.

Polisi memutuskan untuk menangani insiden tersebut sebagai insiden nasional khusus, yang menyiratkan tingkat interkoneksi tertentu. Insiden dan investigasi ditangani secara regional, tetapi dikoordinasikan oleh departemen operasional nasional kepolisian, NOA.

Saat ini tidak ada tersangka dalam kedua kasus tersebut, menurut polisi, yang sedang menyelidiki akses tidak sah ke objek yang dilindungi, pelanggaran Undang-Undang Penerbangan Sipil dan penggambaran ilegal objek yang dilindungi. Angkatan Bersenjata juga telah diberitahu tentang upaya tersebut.

Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist menekankan pada kesempatan sebelumnya, drone telah dicatat di berbagai objek yang dilindungi sehubungan dengan latihan militer.

"Ini adalah hal yang terjadi dari waktu ke waktu. Kami juga telah mengubah undang-undang agar drone jenis ini dapat ditembak jatuh. Sekarang terserah polisi untuk menyelidikinya," terang Menteri Hultqvist kepada penyiar nasional SVT.

Namun, menurut para ahli, kesiapsiagaan Swedia terhadap serangan pesawat tak berawak tidak cukup.

"Kami belum benar-benar menyesuaikan cara kami melihat acara semacam ini dengan kenyataan hari ini. Kami masih menganggap dunia dalam keadaan damai atau perang. Pekerjaan harus dimulai sebelum acara dimulai, bukan setelahnya," terang Hans Liwång, profesor di Sekolah Pertahanan Nasional Swedia.

Menurut informasi yang belum dikonfirmasi yang diterbitkan oleh surat kabar Svenska Dagbladet, peristiwa ini kemungkinan terkait dengan drone yang berukuran besar, memiliki mesin bensin dan baling-baling seperti helikopter dengan harga sekitar 1 juta SEK atau sekitar 110.000 dolar AS.

Sementara Joakim Stenberg, seorang teknisi di perusahaan yang berfokus pada drone UAS Intelligence Sweden, menyebut ini 'sangat tidak biasa', karena hanya satu perusahaan yang memproduksinya di Swedia. Drone jenis ini dapat memiliki berat hingga 50 kg dan memiliki jangkauan hingga 200 kilometer.

Untuk diketahui, drone yang lebih ringan tidak memerlukan izin dari Badan Transportasi Swedia selama drone tersebut diterbangkan dalam jarak pandang, tidak lebih tinggi dari 120 meter di atas tanah dan tidak melewati keramaian atau objek yang dilindungi.