Jelang Olimpiade Musim Dingin, Beijing Laporkan Kasus Varian Omicron Lokal Pertama
Ilustrasi antrean tes COVID-19 di China. (Wikimedia Commons/Liuxingy)

Bagikan:

JAKARTA - Ibu kota China, Beijing, pada Sabtu melaporkan infeksi pertama yang ditularkan secara lokal dari varian Omicron virus yang sangat menular, menurut media pemerintah, hanya beberapa minggu sebelum pementasan Olimpiade Musim Dingin.

Mengutip Reuters 15 Januari, Televisi pemerintah melaporkan pada Hari Sabtu bahwa infeksi baru telah diidentifikasi sebagai strain Omicron.

Pengujian laboratorium menemukan "mutasi khusus untuk varian Omicron" pada orang tersebut, Pang Xinghuo, seorang pejabat di otoritas pengendalian penyakit kota, mengatakan pada konferensi pers.

Pejabat telah menyegel kompleks perumahan dan tempat kerja orang yang terinfeksi, mengumpulkan 2.430 sampel untuk pengujian dari orang-orang yang terkait dengan dua lokasi, sebut seorang pejabat distrik Haidian.

Deteksi varian Omicron Beijing datang ketika kota-kota di seluruh negeri meningkatkan kewaspadaan, menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022 yang akan dimulai pada 4 Februari.

Pihak berwenang juga telah memperingatkan varian Omicron menambah peningkatan risiko penularan COVID-19, karena lebih banyak orang bepergian ke seluruh negeri dan kembali ke China dari luar negeri, untuk liburan Tahun Baru Imlek mulai akhir bulan.

Sementara itu, banyak pemerintah daerah telah menyarankan penduduk untuk tidak meninggalkan kota jika tidak perlu selama liburan, sementara puluhan penerbangan internasional dan domestik telah ditangguhkan.

Selain Beijing, China telah melaporkan infeksi menular lokal dari varian Omicron di setidaknya empat provinsi dan kota lain, di kota utara Tianjin, provinsi tengah Henan, provinsi selatan Guangdong dan provinsi timur laut Liaoning. Namun, jumlah total kasus Omicron masih belum jelas.

Terpisah, He Qinghua, seorang pejabat di Komisi Kesehatan Nasional (NHC), mengatakan dalam briefing sebelumnya pada Hari Sabtu, varian Omicron juga terdeteksi di Shanghai, tanpa menyebutkan jumlah kasus. Dia tidak mengatakan apakah varian itu ditemukan secara lokal atau di antara pelancong dari luar negeri.

Selain itu ia mengatakan 14 wilayah provinsi di China telah menemukan varian Omicron, pada individu yang terinfeksi yang datang dari luar negeri, tanpa menyebutkan nama wilayahnya.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, NHC melaporkan 165 kasus virus corona baru yang dikonfirmasi untuk 14 Januari, turun dari 201 sehari sebelumnya. Dari infeksi baru, 104 ditransmisikan secara lokal, menurut pernyataan Komisi Kesehatan Nasional, dibandingkan dengan 143 sehari sebelumnya.

Kasus baru yang ditularkan secara lokal berada di Henan, Tianjin, Guangdong, Shaanxi dan Zhejiang.

Untuk diketahui, China juga melaporkan 25 kasus baru tanpa gejala untuk 14 Januari, turun dari 42 infeksi sehari sebelumnya. China mengklasifikasikan kasus tanpa gejala secara terpisah dari kasus yang dikonfirmasi.

Tidak ada kematian baru, sehingga jumlah kematian mencapai 4.636. Dan pada 14 Januari, China daratan memiliki 104.745 kasus yang dikonfirmasi.