Varian Omicron Menyebar Luas: China Catat Rekor Harian Tertinggi Sejak Maret 2020, Siaga Jelang Liburan Imlek
Ilustrasi COVID-19 di China. (Wikimedia Commons/zhizhou deng)

Bagikan:

JAKARTA - Kota-kota seperti Luoyang di Cina tengah dan Jieyang di selatan mengatakan pada Hari Minggu, para pelancong perlu melaporkan kepada masyarakat, pengusaha atau hotel perjalanan mereka tiga hari sebelum kedatangan.

Sementara Kota barat daya Yulin mengatakan pada Hari Sabtu, mereka yang ingin masuk harus mengisi formulir online, termasuk kredensial kesehatan dan rincian perjalanan mereka, satu hari sebelumnya.

Selain kota-kota tersebutm Selama akhir pekan, ibu kota Beijing dan pusat teknologi selatan masing-masing mendeteksi satu kasus Omicron yang ditularkan di dalam negeri.

Kemungkinan kasus Omicron di Beijing terinfeksi melalui barang-barang impor tidak dapat dikesampingkan, Pang Xinghuo, seorang pejabat di otoritas pengendalian penyakit kota, mengatakan pada Hari Senin, melansir CNA 17 Januari.

Li Ang, wakil direktur di Komisi Kesehatan Kota Beijing mengatakan, sebuah rumah sakit setempat telah menerima sembilan infeksi Omicron, dengan enam masih dirawat. Dia tidak mengatakan kapan infeksi tiba atau mengapa mereka tidak diungkapkan sebelumnya.

"Kota Meizhou di provinsi Guangdong menemukan satu infeksi Omicron terkait dengan wabah di Zhuhai," sebut televisi pemerintah.

Sejauh ini, setidaknya lima provinsi dan kota melaporkan infeksi Omicron lokal, sementara 14 wilayah provinsi menemukan varian di antara pelancong yang datang dari luar negeri.

China belum menunjukkan tanda-tanda yang kuat untuk mengubah pedomannya untuk mengendalikan infeksi lokal dengan cepat, meskipun tingkat vaksinasinya tinggi yaitu 86,6 persen. Strategi tersebut telah mengambil urgensi ekstra menjelang Olimpiade Musim Dingin, yang akan dipentaskan di Beijing dan provinsi tetangga Hebei mulai 4 Februari.

Banyak pemerintah daerah telah menyarankan penduduknya untuk tidak meninggalkan kota jika tidak perlu selama liburan, sementara puluhan penerbangan internasional dan domestik telah ditangguhkan.

Terpisah, regulator penerbangan China mengatakan pada Hari Senin mereka akan menangguhkan dua penerbangan dari Amerika Serikat karena kasus COVID-19, sehingga jumlah total penerbangan yang dibatalkan tahun ini dari Negeri Paman Sam menjadi 76.

China melaporkan 223 kasus baru COVID-19 pada Senin, jumlah tertinggi sejak Maret 2020. Ini terutama didorong oleh infeksi di kota Tianjin dan Anyang, di mana Omicron telah ditemukan di klaster lokal. Total ada 80 kasus baru di Tianjin dan sembilan di pusat manufaktur utama Guangdong.

Enam puluh dari kasus baru yang dilaporkan pada Hari Senin diimpor, karena China mempertahankan kontrol ketat atas entri perbatasan, termasuk pemotongan nomor penerbangan dan kebijakan "pemutus arus" di mana rute dihentikan jika jumlah infeksi yang dibawa terlalu tinggi.

Untuk diketahui, analis telah memperingatkan pendekatan nol-COVID yang sedang berlangsung, yang mencakup penguncian dan pembatasan perjalanan yang cepat dan terarah, akan semakin membebani perekonomian.