Bobby Nasution: Vaksinasi Booster Diprioritaskan Lansia Pekan Depan
Wali Kota Medan Bobby Nasution/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut vaksinasi penguat diprioritaskan bagi lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan lainnya di daerah itu akan diberikan secara gratis mulai awal pekan depan.

"Alhamdulillah, karena kemarin target lansia sudah tercapai, maka kita akan lakukan vaksinasi 'booster' (penguat) dengan prioritas lansia yang pelaksanaannya pada Senin (17/1)," ujar Bobby Nasution dikutip Antara, Jumat, 14 Januari.

Dia menjelaskan sebelum mengikuti vaksin penguat, seorang lansia sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap atau dua kali suntikan dengan minimal enam bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

Selain itu, Pemko Medan tengah mengejar capaian vaksinasi lansia, baik dosis pertama maupun dosis kedua, dengan target sasaran 89.635 warga, meski telah mencapai target.

"Berkat kerja keras yang kita dilakukan, Pemko Medan berhasil mencapai target vaksinasi lansia 60,26 persen," kata Bobby.

Bobby Nasution juga memaparkan saat ini Pemko Medan memiliki 20 ribu dosis vaksin COVID-19 jenis Pfizer untuk disuntikkan sebagai vaksin penguat atau dosis ketiga.

"Syarat dan ketentuan untuk menerima vaksinasi 'booster' bagi lansia, yakni sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua lebih dari enam bulan," kata dia.

Ia juga menjelaskan tentang penghitungan kembali lansia yang sudah divaksin di daerah itu.

"Nanti akan kita hitung lagi berapa lansia yang sudah divaksin melebihi enam bulan, karena itu yang kita prioritaskan untuk divaksin 'booster'," kata Wali Kota Bobby.