Pesan Mega ke Calon Kepala Daerah: Kalau Kerja Keras, Dua Kali Saya Jadikan Lagi
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan pengarahan (Foto: Dokumentasi DPP PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta agar para calon kepala daerah yang mendapat dukungan dari partainya untuk bekerja keras. Megawati menegaskan tak segan merekomendasikan kepala daerah yang sama untuk lanjut periode kedua bila bekerja keras.

"Kalau mau dapat hati saya itu gampang kerja keras dan kerja apik. Saya pasti ngomong sama sekjen saya, 'orang ini enggak perlu dikerucutkan'. Kalau perlu dua kali saya jadikan lagi," kata Mega saat memberikan pengarahan kepada calon kepala daerah gelombang keempat secara daring, Jumat, 28 Agustus.

Tapi jika yang terjadi malah sebaliknya, maka Mega mengaku tak segan-segan untuk mencoret rekomendasi yang dia berikan. Sebab dia yakin, masih banyak calon lain yang ingin maju dari partai besutannya itu.

"Kalau kalian males, korupsi. Belum juga kejadian sudah saya coret kok. Untuk apa saya memilih orang begitu, lebih baik saya pilih orang lain. Banyak loh yang kepingin jadi dari PDI Perjuangan," tegasnya.

Dia menyebut, sebagai Ketua Umum PDIP dirinya bisa saja menjual surat rekomendasi yang berisi tanda tangannya kepada calon kepala daerah. Namun, hal tersebut tak pernah dilakukannya karena dia bukanlah pemimpin yang mata duitan.

"Kalau saya mata duitan, aduh, istilah saya cari dari jualan rekomendasi saja. Tapi saya pernah minta sama kalian, enggak ada loh," ujarnya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan mengumumkan empat pasangan calon gubernur serta wakil gubernur dan 58 pasangan calon kepala daerah (cakada) tingkat kabupaten/kota, lewat pengumuman gelombang empat.

PDIP sebelumnya sudah mengumumkan calon kepala daerah gelombang pertama pada 19 Februari, gelombang kedua pada 17 Juli, dan gelombang ketiga pada 11 Agustus 2020. Pengumuman gelombag keempat ini diselenggarakan secara daring seperti kegiatan sebelumnya, akibat adanya pandemi COVID-19.