Kapolri Resmikan Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya, Pengawas dan Pencegahan Kejahatan Jalanan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan pembentukan tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Di mana, tim ini bertugas melakukan upaya-upaya pencegahan tindak kejahatan jalanan atau street crime.

"Kita melaksanakan peresmian Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Di mana, tugas dari tim patroli Presisi ini melakukan upaya-upaya dalam kegiatan-kegiatan preentif dan preventif dalam rangka hari Kamtibmas," ujar Sigit kepada wartawan, Kamis, 13 Januari.

Tim ini, lajut Sigit, telah mendapat pembinaan. Sehingga, mereka memiliki kemampuan dalam menangani berbagai tindak kejahatan.

"Tim tadi dibekali dengan kemampuan teknis, taktis, dan kemampuan untuk melakukan tindakan-tindakan di lapangan mulai dari street crime, penanganan terhadap tindakan-tindakan anarkis, tawuran warga sampai dengan tindakan-tindakan awal terkait dengan adanya kejahatan sebelum ditindaklanjuti oleh reserse," ungkap Jenderal Sigit.

Selain penindakan, kehadiran tim Patroli Presisi ini sebagai pengawas dan pemantauan. Sehingga, dapat memastikan keadaan di masyarakat tetap aman baik di siang maupun malam hari.

"Kehadiran dari tim patroli perintis prrsisi ini betul-betul mengisi ruang kosong, melakukan gerakan secara cepat," kata Sigit.

Di sisi lain, mantan Kabareskrim ini berhadap dengan adanya tim patroli dapat memberi rasa aman bagi masyarakat. Terlebih, aktivitas masyarakat semakin lama semakin tinggi.

"Tentunya ini kita harapkan wujudkan Polri hadir di mana-mana dalam situasi apapun, siang, malam, pagi hari, pada saat masyarakat mulai melaksanakan aktifitasnya. Dan pada saat masyarakat akan beristirahat," kata Jenderal Sigit.