Anies Usul ke Menteri PUPR Sepeda Balap Bisa Masuk Jalan Tol Hari Minggu
Ilustrasi. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan agar sepeda balap bisa masuk ke dalam jalan tol setiap hari Minggu. Ruas jalan tol yang dipilih yakni Cawang-Tanjung Priok. 

Usulan ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo. Menurutnya, usulan penggunaan satu ruas tol untuk sepeda balap ini masuk dalam surat permohonan nomor 297/-1.792.1 tentang pemanfaatan ruas jalan Tol Lingkar Dalam, Cawang-Tanjung Priok.

"Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda sport pada hari Minggu dari jam 6 sampai 9 WIB," kata Syafrin di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Agustus. 

Adapun ruas jalan tol dalam kota yang dusulkan tepatnya mulai dari Gerbang Tol Kebon Nanas sampai dengan arah Tanjung Priok, menggunakan satu sisi ruas jalan.

"Jadi, perhitungan kami sekitar 12 kilometer ada satu jalur sendiri untuk jalur road bike sementara di jalan tol," ujar Syafrin.

Pemprov DKI mengusulkan penyediaan satu ruas jalan untuk sepeda balap karena mengikuti tingginya animo masyarakat dalam penggunaan sepeda. 

Namun, usulan sepeda yang boleh digunakan untuk masuk ke jalan tol hanya berjenis sepeda balap yang memiliki kecepatan perjalanan hingga sekitar 50 kilometer per jam. Sementara, sepeda lainnya dan pejalan kaki tak bisa masuk ke dalam tol. 

"Kita pahami, khususnya yang komunitas road bike itu, mereka memiliki spesifikasi teknis tersendiri. Mereka, pada saat bersepeda itu kecepatannya tinggi. Jika ini difasilitasi bersamaan dengan warga lainnya, tentu akan tetap mempengaruhi terhadap aspek keselamatan pengguna sepeda lainnya," jelas Syafrin.

Untuk menunjang keselamatan para pesepeda balap yang akan masuk jalan tol, Syafrin bilang jalur khusus sepeda akan dibatasi menggunakan traffic cone. Dengan begitu, kendaraan lain tak dapat masuk ke ruas jalan khusus sepeda ini.

"Tentu akan ada manajemen dan rekayasa lalin pengendalian arus. Jadi jalan tol di sisi baratnya dari Kebon Nanas sampai Plumpang itu ditutup, kemudian para pesepeda road bike ini sepanjang jalan hanya akan melaju di dalamnya, tidak keluar ke jalan arteri," imbuh dia.