Jokowi akan Serahkan Daftar Calon Anggota KPU-Bawaslu ke DPR 2 Pekan Lagi
DOK VOI/ILUSTRASI

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menerima daftar 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan 2022-2027, Juri Ardiantoro dalam konferensi pers di Istana Bogor. Juri menuturkan, setelah ini Jokowi akan menyerahkan daftar nama tersebut kepada DPR RI dua minggu ke depan.

"Nama-nama yang sudah kami serahkan ke presiden dalam kurun waktu 14 hari nanti presiden akan menyerahkan kepada DPR," kata Juru dilihat dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 6 Januari.

Selanjutnya, Anggota DPRakan melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test untuk memilih 7 calon Anggota KPU dan 5 Anggota Bawaslu tersebut.

"DPR RI nanti akan melakukan fit and proper test 14 nama calon KPU dan 10 calon Bawaslu dan nanti akan dipilih setengah dari calon yang sudah diajukan oleh Bapak Presiden," tutur Juri.

Juri memaparkan 14 calon Anggota KPU dan 10 calon Anggota Bawaslu telah melewati proses seleksi selama 3 bulan, mulai dari pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan, wawancara kemudian juga profiling atau menggali rekam jejak dari setiap bakal calon.

Ada pun keempat belas nama calon anggota KPU yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan empat orang perempuan tersebut yaitu:

1. August Mellaz

2. Betty Epsilon Idroos

3. Dahliah

4. Hasyim Asy’ari

5. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

6. Idham Holik

7. Iffa Rosita

8. Iwan Rompo Banne

9. Mochammad Afifuddin

10. Muchamad Ali Safa’at

11. Parsadaan Harahap

12. Viryan

13. Yessy Yatty Momongan

14. Yulianto Sudrajat

Sementara itu, kesepuluh calon anggota Bawaslu terdiri atas tujuh orang laki-laki dan tiga orang perempuan yaitu:

1. Aditya Perdana

2. Andi Tenri Sompa

3. Fritz Edward Siregar

4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

5. Lolly Suhenty

6. Mardiana Rusli

7. Puadi

8. Rahmat Bagja

9. Subair

10. Totok Hariyono