Aquamasi, Alternatif Hijau Kremasi yang Dipilih Mendiang Uskup Agung Desmond Tutu
Mendiang Uskup Agung Desmond Tutu. (Wikimedia Commons/Kristen Opalinski)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota keluarga berkumpul untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pahlawan anti-apartheid Uskup Agung Desmond Tutu, dalam sebuah kebaktian pribadi di Katedral St. George pada Hari Minggu, di mana abunya dikebumikan di Cape Town, Afrika Selatan dan dimakamkan.

Atas permintaannya, tubuh pemenang Hadiah Nobel Perdamaian tersebut menjalani aquamasi, proses yang dianggap sebagai alternatif yang lebih hijau untuk kremasi - Gereja Anglikan Afrika Selatan mengonfirmasi kepada CNN, seperti dikutip 2 Januari.

Aquamasi adalah proses berbasis air yang nama ilmiahnya adalah "hidrolisis alkali", di mana "kombinasi aliran air yang lembut, suhu dan alkalinitas digunakan untuk mempercepat pemecahan bahan organik" ketika tubuh diistirahatkan di tanah, menurut Bio-Response Solutions, sebuah perusahaan AS yang mengkhususkan diri dalam proses tersebut.

Situs web perusahaan mengatakan, proses itu "menggunakan energi 90 persen lebih sedikit daripada kremasi api dan tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya."

Menurut Asosiasi Kremasi Amerika Utara (CANA), sebuah organisasi nirlaba internasional, hidrolisis basa kadang-kadang disebut sebagai kremasi tanpa api.

Tubuh ditempatkan dalam mesin hidrolisis alkali, terdiri dari ruang kedap udara yang diisi dengan larutan yang terbuat dari air dan bahan kimia alkali. Ruangan itu kemudian dipanaskan, mencairkan tubuh dan hanya menyisakan tulang, menurut situs web CANA.

Setelah tulang kering mereka bisa dihaluskan. "Proses ini menghasilkan sekitar 32 persen lebih banyak sisa kremasi daripada kremasi berbasis api dan mungkin memerlukan guci yang lebih besar," menurut CANA.

Untuk diketahui, peti mati Desmond Tutu dibawa dari Katedral St. George di Cape Town pada akhir upacara pemakamannya pada Hari Sabtu.

Seperti diketahui, mendiang Uskup Agung Desmond Tutu bersemangat untuk melindungi lingkungan. Dia banyak menyampaikan pidato dan menulis banyak artikel tentang perlunya bertindak untuk mengatasi krisis iklim.

Pada tahun 2007, dia menulis sebuah artikel berjudul "Kepuasan yang Fatal" untuk Guardian, di mana dia membahas dampak yang mengkhawatirkan dari perubahan iklim di Global South dan pada komunitas miskin, karena sebagian besar Amerika Utara dan Eropa belum menghadapi cuaca ekstrem. kondisi yang disebabkan oleh darurat iklim saat ini.

Selain meminta alternatif ramah lingkungan untuk kremasi untuk tubuhnya, mendiang Uskup Agung Desmond Tutu juga mengambil langkah lain untuk memastikan pemakamannya akan sesederhana gaya hidupnya.

Tubuhnya dibaringkan dalam peti mati pinus sederhana, yang merupakan "termurah". tersedia" atas permintaannya, ungkap yayasannya Desmond and Leah Tutu Legacy Foundation.

Uskup Agung Tutu disebut meninggal dengan tenang di Oasis Frail Care Center di Cape Town, Afrika Selatan pada 26 Desember lalu dalam usia 90 tahun.