Gedung Parlemen Afsel Terbakar, Asap Hitam Membumbung Tinggi di Langit Cape Town
Foto tangkap layar video @Natoooshka

Bagikan:

JAKARTA - Api besar berkobar di Gedung Parlemen di kota Cape Town, Afrika Selatan. Rekaman video yang beredar di sosial media menunjukkan gumpalan asap hitam memenuhi langit, dengan api besar keluar dari atap gedung.

Dikutip dari BBC, Minggu 2 Januari, belasan petugas pemadam kebakaran sudah ada di lokasi untuk berjibaku memadamkan api. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran tersebut.

Peristiwa ini terjadi beberapa jam setelah pemakaman kenegaraan Uskup Agung Desmond Tutu di Katedral St George yang kebetulan berdekatan dengan Parlemen.

Area atap terbakar dan gedung Majelis Nasional juga terbakar, kata pihak berwenang kota.

"Api tidak terkendali dan retakan di dinding gedung telah dilaporkan," kata juru bicara layanan darurat kota kepada kantor berita AFP.

Api saat ini berada di lantai tiga, dengan laporan awal yang menunjukkan bahwa itu dimulai di ruang kantor gedung dan menyebar ke gym di lokasi, kata pejabat kota.

Gedung Parlemen di Cape Town terdiri dari tiga bagian, dengan yang tertua berasal dari tahun 1884. Bagian yang lebih baru dibangun pada tahun 1920-an dan 1980-an menampung Majelis Nasional.