Gubsu Edy Rahmayadi Pamer Sumut Ranking Satu Penurunan Angka Kemiskinan Tertinggi di Indonesia
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi/DOK Instagram pribadi

Bagikan:

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memamerkan prestasi Sumut di bidang ekonomi. Sumut ranking satu penurunan angka kemiskinan tertinggi di Indonesia.

Kabar ini disampaikan Gubsu Edy lewat akun Instagramnya edy_rahmayadi, Minggu, 2 Januari 2022.

“Berbagai upaya kita dalam peningkatkan ekonomi di Sumatera Utara akhirnya berbuah prestasi yang membanggakan. Alhamdulillah, Di penghujung tahun 2021 kemarin, Sumatera Utara berhasil meraih peringkat 1 daerah dengan penurunan angka kemiskinan tertinggi di Indonesia dengan skor 3 poin berdasarkan hasil data Litbang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” kata Gubsu Edy.

Data ini menurut Gubsu Edy sejalan dengan data BPS pada Agustus 2021 lalu juga telah merilis data penurunan angka kemiskinan di Sumatera Utara yang secara statistik berhasil turun sebesar 0,13 poin yaitu dari 9,14 persen pada September 2020 menjadi 9,01 persen pada Maret 2021. 

Angka kemiskinan ini setara dengan 1,34 juta jiwa pada Maret 2021, atau berkurang sekitar 13 ribu jiwa dalam satu semester terakhir.

Selain itu, pada Triwulan III 2021 lalu, ekonomi Sumut meningkat 3,67 persen (yoy), melebihi pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,51 persen. Serapan anggaran di Sumatera Utara juga terbaik ke 3 di seluruh Indonesia, yakni 72,9 persen jelang penutupan tahun 2021.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan dan doa warga Sumatera Utara semua, khususnya dalam mendukung berjalannya program-program pembangunan di Sumatera Utara. Semoga tahun 2022 mendatang, pertumbuhan ekonomi kita bisa jauh lebih baik lagi dan angka kemiskinan bisa semakin kita turunkan, sehingga ke depan Sumut lebih maju dan sejahtera,” tutur Gubsu Edy.