Korea Utara Luncurkan <i>Website</i> Kampanye Anti-Rokok, padahal Kim Jong-un Perokok Berat
Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: Twitter Kim Jong-un)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Utara telah membuka situs web anti-rokok di jaringan internet khusus di negaranya. Ini merupakan sebuah bentuk alat propaganda negara komunis tersebut untuk mengkampanyekan anti rokok. 

Padahal pemimpin tertinggi Korea Utara saat ini, Kim Jong-un, adalah seorang perokok. Hingga saat ini, ia belum menghentikan kebiasaan merokoknya.

Dikutip dari Yonhap, Minggu 23 Agustus, Meari, salah satu situs propaganda Korea Utara menyebutkan, sebuah pusat penelitian anti-rokok membuka situs "Anti-merokok 1.0" di sistem jaringan komputer negara itu sejak bulan lalu. Situs tersebut memberikan informasi kepada publik tentang manfaat positif dari berhenti merokok. 

Situs web tersebut tidak dapat diakses dari luar karena jaringan komputer Korea Utara yang dikontrol ketat, Kwangmyongsong, terputus dari internet global untuk mencegah orang mengakses informasi luar.

Meari mengatakan, situs tersebut memberikan informasi berbasis sains adalah kunci dari kampanye anti rokok. Berdasarkan website tersebut, pusat penelitian juga menawarkan layanan untuk memeriksa jumlah nikotin dalam tubuh perokok sambil memproduksi teh dan minuman lain yang diyakini kondusif untuk upaya berhenti merokok.

Korea Utara telah meningkatkan upaya anti-rokok dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memulainya dari merevisi undang-undang tahun lalu untuk membatasi impor rokok asing dan melarang rokok elektronik serta vape.

Korut juga memperluas zona bebas rokok di tempat dan gedung umum. Terlepas dari kampanye tersebut, Kim Jong-un sama sekali belum berhenti merokok.

Ini terlihat dari sejumlah foto yang dilansir media pemerintah Korea Utara, di mana Kim sering berbicara dengan pejabat sambil memegang sebatang rokok di tangannya.

Kim Jong-un telah lama dikenal sebagai perokok berat. Dalam perjalanan kereta panjangnya ke Vietnam untuk pertemuan puncak keduanya dengan Presiden AS Donald Trump, Kim terlihat berhenti untuk merokok.

Foto yang sempat beredar menunjukkan dia merokok di peron kereta api dengan saudara perempuannya Kim Yo-jong memegang asbak di sebelahnya.