Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyampaikan ucapan selamat atas HUT ke-75 Indonesia kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh masyarakat Indonesia. Ia memuji Indonesia yang kini membuat kemajuan besar dalam pengembangan ekonomi. Selain itu sejumlah pemimpin negara-negara lain juga turut menyampaikan ucapan serupa.

"Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea, saya menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada anda dan kepada pemerintah serta rakyat negara anda pada kesempatan peringatan 75 tahun kemerdekaan Indonesia," kata Kim Jong-un dalam sebuah keterangan tertulis. 

Lewat keterangan yang dipublikasikan laman resmi Kementerian Luar Negeri Korut, Kim Jong-un juga memuji budaya nasional Indonesia dan keberhasilannya membangun masyarakat yang sejahtera. "Setelah kemerdekaan, negara Anda telah membuat kemajuan besar dalam mengembangkan ekonomi dan budaya nasional serta membangun masyarakat yang sejahtera di bawah panji kedaulatan, kemerdekaan, dan non-blok yang ditinggikan," katanya.

Tak lupa, Kim Jong-un juga menyampaikan harapan terkait hubungan negaranya dengan Indonesia. Pemimpin otoriter tersebut mengharapkan hubungan Indonesia dan Korut akan terkonsolidasi dan berkembang. 

"Kesempatan ini saya gunakan untuk mengutarakan keyakinan saya bahwa tradisi berharga tentang persahabatan dan kerjasama yang sangat baik antara kedua negara akan terus terkonsolidasi dan berkembang sesuai dengan tuntutan era baru," tambah Kim Jong-un. 

Sebelumnya, Raja Salman juga menyampaikan ucapan selamat atas perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Melansir Saudi Gazette, Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman mengirim ucapan selamat secara terpisah kepada Presiden Jokowi. 

Raja dan Putra Mahkota berharap Jokowi selalu sehat dan bahagia serta pemerintah dan rakyat Indonesia terus maju dan sejahtera. Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman juga mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba di Hari Kemerdekaan negaranya.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison juga mengucapkan selamat atas peringatan Hari Kemerdekaan RI. Lewat aku Twitter resminya, Morrison mengatakan akan berkomitmen untuk memperdalam kerja sama dan memajukan nilai-nilai bersama di kawasan Indonesia-Australia dalam 70 tahun hubungan diplomatik formal.