PKS: Koalisi Harus Gabungan Islamis dan Nasionalis
Politikus PKS Mardani Ali Sera (Youtube Mardani Ali Sera)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, partainya sudah membuka komunikasi dengan partai politik lain untuk membangun koalisi jelang Pilpres 2024. Meski masih dinamis, menurutnya, poros koalisi idealnya terdiri dari parpol religius dan nasionalis.

Untuk membangun komposisi tersebut, Mardani mengaku PKS bisa berjalan bersama semua partai politik yang kini punya kursi di DPR RI.

"Koalisi mesti gabungan partai islamis dan nasionalis. PKB, PAN dan PPP plus bersama Golkar atau Nasdem menarik," ujar Mardani kepada wartawan, Rabu, 29 Desember.

Soal koalisi, Mardani mengungkapkan, saat ini Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS Ahmad Syakhu tengah aktif menjalin komunikasi dengan partai politik lain untuk membangun kesepahaman bersama.

"Dr Salim dan Ustaz Syaikhu terus membuka komunikasi dengan semua pihak. Berikutnya musyawarah menentukan capres dan cawapres," terangnya.

Oleh karena itu, Anggota Komisi II DPR RI ini berharap, pada pertengahan 2022 mendatang semua komunikasi antar parpol bisa selesai. Kemudian poros koalisi serta calon presiden bisa diumumkan.

"Jadi semoga pertengahan 2022 sudah nampak jelas format koalisinya. Semoga bisa lebih cepat," jelasnya.