Varian Omicron Menyebar Luas di Inggris: Ratu Elizabeth II Batal Rayakan Natal di Sandringham, Pilih Kastil Windsor
Ratu Elizabeth II. (Wikimedia Commons/Terry Kearney)

Bagikan:

JAKARTA - Ratu Inggris Elizabeth II tidak akan melakukan perjalanan ke Istana Sandringham untuk Natal tahu ini seperti rencana semula, sebaliknya akan merayakannya di Kastil Windsor, sumber Istana Buckingham mengatakan kepada CNN pada Hari Senin, ketika varian Omicron virus corona melonjak di Inggris.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Ratu melakukan perjalanan ke tanah pedesaannya di Istana Sandringham, kawasan seluas 20.000 hektar sekitar 100 mil utara London, untuk retret Natal tahunan keluarga, dikutip dari CNN 21 Desember.

Tetapi dalam beberapa pekan terakhir, Istana telah mengambil tindakan pencegahan tambahan karena virus corona, termasuk membatalkan makan siang pra-Natal yang biasanya diadakan Ratu Elizabeth II untuk keluarga besar.

Inggris diketahui sedang menghadapi lonjakan baru infeksi COVID-19 yang didorong oleh varian Omicron.

Negara ini telah mencatat lebih dari 80.000 kasus baru setiap hari sejak Jumat. Pada Senin, 91.743 kasus baru COVID-19 dilaporkan, angka tertinggi kedua sejak awal pandemi, menurut data pemerintah.

Istana Sandringham
Salah satu sudut Istana Sandringham, Inggris. (Wikimedia Commons/RXUYDC)

Ini akan menjadi musim liburan pertama Ratu Elizabeth II sejak kematian Pangeran Philip, suaminya selama 73 tahun. Dia meninggal pada bulan April di usia 99 tahun.

Perayaan festival dibatalkan tahun lalu ketika negara itu berada dalam pergolakan pandemi COVID-19, dengan rumah tangga dilarang berbaur untuk mengekang penularan virus. Ketika itu, Ratu tetap berada di Windsor bersama Pangeran Philip dan sekelompok kecil staf.

Ketika Ratu membatalkan pertemuan pra-Natalnya minggu lalu, seorang sumber Istana Buckingham mengatakan kepada CNN, keputusan itu adalah tindakan pencegahan karena dirasa makan siang akan membahayakan pengaturan Natal terlalu banyak orang jika diteruskan.

Sementara, pidato Hari Natal pra-rekaman tahunannya masih diharapkan akan disiarkan sesuai rencana.

Untuk diketahui, tidak seperti Istana Buckingham atau Kastil Windsor, Istana Sandringham adalah rumah milik pribadi Ratu. Karena masalah ruang, undangan Natal biasanya hanya diberikan kepada keluarga dekat. Tetapi Ratu dari waktu ke waktu membuat pengecualian penting, seperti ketika dia menyambut Meghan Markle saat itu ke perkebunan sebelum dia menikahi Pangeran Harry.