Inggris Laporkan Lebih dari 12 Ribu Kasus Varian Omicron Sehari, Menteri Kesehatan: Tidak Ada Jaminan Pandemi Ini
Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid. (Wikimedia Commons/Foreign and Commonwealth Office)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Inggris pada Hari Minggu menolak untuk mengenyampingkan kemungkinan pembatasan COVID-19 lebih lanjut sebelum Natal, dengan mengatakan penyebaran varian Omicron adalah situasi yang bergerak sangat cepat.

Inggris telah melaporkan lonjakan kasus Omicron, yang menurut penasihat pemerintah bisa jadi hanya puncak gunung es. Pada Hari Sabtu, walikota London menyatakan 'insiden besar' untuk membantu rumah sakit kota mengatasinya.

Ditanya apakah dia bisa mengesampingkan pembatasan baru sebelum Natal, menteri kesehatan Sajid Javid mengatakan kepada BBC Television: "Kami menilai situasinya, ini bergerak sangat cepat."

"Saya rasa tidak ada jaminan dalam pandemi ini. Pada titik ini, kami hanya perlu meninjau semuanya," ujarnya mengutip Reuters 20 Desember.

Menteri Javid mengatakan, pemerintah mengawasi data 'hampir setiap jam', mendengarkan penasihat ilmiahnya dan akan menyeimbangkannya dengan dampak pembatasan yang lebih luas pada hal-hal seperti bisnis dan pendidikan.

Dia mengatakan, masih banyak yang tidak diketahui tentang Omicron tapi menunggu sampai data lebih jelas mungkin akan terlambat untuk bereaksi.

Semantara itu, Menteri Kantor Kabinet Steve Barclay mengadakan pertemuan komite darurat pemerintah pada Hari Minggu, untuk membahas situasi dengan administrasi devolusi Inggris dan setuju untuk meningkatkan dana mereka untuk mengatasi penyebaran varian Omicron.

"Mereka setuju untuk terus memantau data yang muncul selama beberapa hari mendatang, bekerja sama dengan bisnis dan lembaga publik di seluruh Inggris untuk memahami dampaknya terhadap industri dan layanan," sebut juru bicara Kantor Kabinet.

Sementara itu, lebih dari 100 anggota parlemen Konservatif Perdana Menteri Boris Johnson memberikan suara menentang langkah-langkah terbaru pemerintah untuk mengatasi penyebaran COVID-19 awal pekan ini. PM Johnson menghadapi krisis terbesar dalam jabatan perdana menteri setelah serangkaian skandal dan salah langkah.

Ditanya apakah PM Johnson terlalu lemah untuk melakukan pembatasan lebih lanjut, Menteri Javid berkata: "Tidak, jika pemerintah merasa bahwa tindakan lebih lanjut harus diambil, tentu saja kami akan menyampaikannya kepada parlemen dan parlemen akan memutuskan."

Jumlah kasus Omicron yang dikonfirmasi yang tercatat di seluruh negeri adalah 37.101 pada 1800 GMT pada 18 Desember, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan pada Hari Minggu, naik lebih dari 12.000 kasus dari 24 jam sebelumnya.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan di Twitter, ada tambahan 12.133 kasus varian Omicron yang dikonfirmasi selama 24 jam sebelumnya, menjadikan jumlah total kasus yang dikonfirmasi menjadi 37.101.

Dua belas orang yang diyakini memiliki varian Omicron telah meninggal pada hari Jumat. Menteri Javid mengatakan jumlah sebenarnya dari infeksi Omicron kemungkinan akan jauh lebih tinggi.

Jumlah semua kasus COVID-19 baru yang dilaporkan dalam data resmi pada hari Minggu adalah 82.886, naik 51,9 persen selama tujuh hari hingga 19 Desember dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Selain itu, Menteri Javid mengatakan pemerintah percaya sekitar 60 persen kasus baru COVID-19 di Inggris sekarang adalah Omicron.

Terpisah, Walikota London Sadiq Khan mengatakan dia pikir pembatasan baru tidak dapat dihindari jika tidak, layanan kesehatan akan berada di ambang kehancuran di bawah tekanan bersama kekurangan staf dan peningkatan rawat inap.