Hasil Survei, Posisi Prabowo, Ganjar dan Anies Masih di Tiga Besar
Dok VOI

Bagikan:

JAKARTA - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bertengger di posisi tiga besar dalam survei terbaru lembaga KedaiKOPI.

Hasil ini terbaca dari opini publik terkait elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

Pada sesi pertanyaan terbuka, sosok capres 2024 yang paling banyak dipilih responden saat ini juga masih Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu memperoleh angka 23,9 persen.

Sementara Ganjar Pranowo tetap berada di urutan kedua dengan perolehan angka 16,4 persen. Di urutan ketiga ada Anies Baswedan yang mendapatkan angka 12,5 persen.

Selanjutnya, pada posisi keempat ada nama Joko Widodo dengan perolehan 8,6 persen. Jokowi masih diikutsertakan dalam pertanyaan terbuka ini.

Disusul Menparekraf Sandiaga Uno dengan angka 3,6 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 3,3 persen.

Sedangkan untuk pertanyaaan tertutup, Prabowo dan Ganjar salip-menyalip untuk menduduki posisi teratas. Pada kategori tanpa probing, Prabowo berada di urutan pertama dengan angka 24,3 persen, diikuti Ganjar 22,9 persen, menyusul Anies 18,5 persen.

Sementara pada kategori dengan probing, Ganjar berhasil menyalip Prabowo di urutan pertama dengan angka 26,4 persen, diikuti Prabowo 25,7 persen, dan Anies 19,9 persen.

Survei Lembaga KedaiKOPI ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada 16-24 November 2021 dengan metode face to face interview atau home visit.

Jumlah responden yang terlibat sebanyak 1.200 dan error sampling sebesar kurang lebih 2.83 persen pada interval kepercayaan 95.0 persen. Populasi responden yakni pemilih usia 17-65 tahun.